LATIHAN SOAL-SOAL KELAS X
MATERI KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM
1.
Di sebuah pelabuhan dagang di
pesisir Sumatra pada abad ke-13, arkeolog menemukan nisan kuno bertuliskan
huruf Arab dengan nama seorang Syekh dari Gujarat. Hal ini sejalan dengan
berita dari Marco Polo yang menyebutkan adanya komunitas Muslim di daerah
tersebut.
Berdasarkan temuan tersebut, teori yang
paling tepat menjelaskan masuknya Islam adalah...
A.
Teori Persia
B.
Teori Arab
C.
Teori Gujarat
D.
Teori Cina
E.
Teori Lokal
2.
Dalam sebuah diskusi sejarah, siswa
bernama Rani mempertanyakan mengapa kerajaan Samudra Pasai begitu cepat
berkembang menjadi kerajaan Islam pertama di Indonesia. Ia menyebutkan adanya
pengaruh kuat pedagang asing, terutama dari wilayah India, dan tidak menemukan
bukti dominasi kekuasaan Arab.
Pernyataan Rani paling mendukung teori
masuknya Islam ke Indonesia melalui...
A.
Dakwah ulama Timur Tengah
B.
Jalur militer dari kekhalifahan
Abbasiyah
C.
Perdagangan dari Gujarat
D.
Migrasi Muslim dari Persia
E.
Ekspansi pedagang Cina Muslim
3. Bacalah
pernyataan-pernyataan berikut :
1. Islam
masuk ke Indonesia dengan cara penaklukan
2. Islam
tidak mengenal pelapisan social
3. Agama
Islam menentang hegemoni dilakukan oleh bangsa Eropa
4. Tata
cara peribadatan islam sederahan dan tidak rumit
5. Mengucapakan
shyadat adalah satu-satunya cara untuk memeluk agama Islam
6. Pedagang-pedagang
islam harus beragama Islam untuk berinterkasi dengan pedagang India dan Gujarat
Berdasrkan
informasi tersebut factor-faktor yang mendorong Islam mendapat sambutan yang
baik dari masayarakat Nusantara ditunjukan nomor ….
A. 1,2,3
B. 1,4,5
C. 2,3,4
D. 2,4,5
E. 3,5,6
4. Menurut
teori Mekkah salah satu alasan pendukung bahwa islam di Nusantara berasal dari
Mesir atau Mekkah adalah kesamaan ….
A. Aliran
atau Mazhab
B. Ragam
Hias batu nisan
C. Ajarn
sufi
D. Uapacara
kegamaan
E. Kalender
Islam
5. Pada
masa Hindu Budha seorang raja dianggap sebagai titisan dewa di dunia. Sementara
itu ketika islam masuk ke Nusantara terjadi perubahan konsep kepemimpinan yaitu
kedudukan raja dianggap sebagai ….
A. Ulama
B. Khalifa
C. Dewa
D. Wali
E. Imam
6. Kesultanan
Aceh memiliki kekutan militer yang baik serta perekonomian yang maju. Selain
itu juga Aceh memiliki seorang sastrawan yang beranam Nurdin ar Raniri yang
menuliskan tentang Bustanusalattin yang berarti taman raja-raja. Karya sastra
tersebut berkaitan dengan …
A. Adat
istiadat Aceh dan ajaran Islam
B. Ajaran
islam tentang pemerintahan
C. Tata
kelola pemerintahan
D. System
pergantian raja
E. Estiket
istana
7. Dalam
penyerangan kesultanan Demak menuju Malaka, Raden Patah meminta Patih Unus untuk melakukan ekpansi tersebut. Putra
Raden patah , patih unus mendapat julukan Pangeran sabrang Lor. Latar belakang
julukan tersebut adalah ….
A. Menyebrangi
laut jawa menuju Malaka untuk melawan bangsa Portugis
B. Putra
Mahkota yang gigih menanamkan pengaruh islam di tanah Jawa
C. Gagah
berani memerangi lawan-lawan politiknya di lingkungan istana
D. Dianggap
sebagai keturunana negeri seberang
E.
Memiliki
kemampuan perang yang luar biasa
8.
Seorang sejarawan menemukan ukiran
kaligrafi bercorak Persia di beberapa masjid tua di Aceh. Ukiran tersebut
mengandung puisi-puisi sufistik khas Iran. Ia juga mendapati sistem tarekat di
masyarakat yang mirip dengan sistem di Persia.
Penemuan ini paling mendukung teori...
A.
Teori Gujarat
B.
Teori Cina
C.
Teori Persia
D.
Teori Arab
E.
Teori Lokal
9.
Dalam arsip kuno Dinasti Ming,
tercatat bahwa seorang Laksamana Muslim, Cheng Ho, melakukan pelayaran ke
Nusantara dan menjalin hubungan baik dengan kerajaan-kerajaan pesisir. Ia juga
membawa serta ulama dan membangun masjid di beberapa tempat.Informasi ini mendukung teori masuknya Islam
melalui...
A.
Persia
B.
Gujarat
C.
Arab
D.
Cina
E.
India
10.
Seorang peneliti menulis bahwa
penyebaran Islam di Nusantara terjadi secara bertahap, berakar dari pusat-pusat
dagang dan menyebar ke pedalaman. Ia menyebutkan bahwa ulama dan pedagang
adalah aktor utama, bukan raja atau pasukan asing.
Pendapat ini menolak teori Islamisasi
yang berfokus pada...
A.
Perdagangan
B.
Kultural
C.
Kekuasaan politik
D.
Pendidikan
E.
Perkawinan
11.
Di pelabuhan Gresik pada abad ke-14,
tampak ramai aktivitas jual beli rempah, kain, dan keramik antara pedagang
lokal dan pedagang Muslim dari India dan Arab. Di sekitar pelabuhan berdiri
masjid dan madrasah sederhana. Beberapa masyarakat setempat mulai mengikuti
ajaran Islam karena interaksi yang intens.
Faktor utama yang menyebabkan
penyebaran Islam dalam konteks tersebut adalah...
A.
Dakwah formal oleh kerajaan Islam
B.
Pernikahan massal antara pedagang
dan penduduk
C.
Jaringan perdagangan internasional
D.
Penaklukan wilayah oleh kerajaan
Islam
E.
Penyebaran melalui kolonialisme
12.
Di desa-desa sekitar Demak, seorang
tokoh ulama sering mengadakan pengajian keliling. Ia mengajarkan Islam dengan
pendekatan toleran, menggunakan bahasa lokal, dan menyesuaikan nilai-nilai
Islam dengan adat setempat. Perlahan-lahan, masyarakat menerima Islam sebagai
agama mereka.
Metode dakwah yang digunakan ulama
tersebut menunjukkan penyebaran Islam secara...
A.
Represif dan koersif
B.
Sinkretis dan akomodatif
C.
Dogmatis dan otoriter
D.
Teokratis dan sistematis
E.
Rasional dan debat terbuka
13.
Di sebuah pesantren tua di Jawa
Timur, ditemukan manuskrip kuno yang berisi tafsir Al-Qur’an dalam bahasa Jawa.
Pesantren ini dulunya dibangun oleh seorang wali yang juga mengajarkan ilmu
pertanian dan astronomi.
Peran pesantren dalam penyebaran Islam
adalah melalui...
A. Pembentukan sistem kekuasaan Islam
B. Pendidikan dan pembinaan masyarakat
C. Perdagangan dan ekspansi ekonomi
D. Pengaruh dari kolonial Arab
E. Kekuatan militer Islam
14. Wali
songo yang terkenal aktif berdakwah melalui saluran kesenian adalah ….
A. Sunan
Giri , Sunan Bonang, Sunan Kalijaga
B. Sunan
Ampel, Sunan Bonang dan Sunan Muria
C. Sunan
Kudus, Sunan Ampel, dan Sunan Bonang
D. Sunan
Gunung Jati,sunan Kudus,dan Sunan Ampel
E. Sunan
Muria,Sunan Kalijaga,dan Sunan Gunung Jati
15. Salah satu upaya penting yang dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda adalah menyusun sebuah kitab yang dikenal dengan nama Adat Makuta Alam. Kitab ini menjadi acuan dalam menjalankan roda pemerintahan dan menjadi warisan penting dalam struktur hukum dan sosial di Kesultanan Aceh. Adat Makuta Alam disusun dengan tujuan untuk menciptakan keteraturan dan stabilitas di tengah masyarakat Aceh, serta memperkuat posisi sultan sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Kitab ini mencerminkan nilai-nilai adat dan kebijakan politik yang berlaku pada masa itu. Berdasarkan ilustrasi tersebut, isi dari kitab Adat Makuta Alam lebih berkaitan dengan…
A. Undang-undang tata pemerintahan
B. Aturan sistem perdagangan
C. Masalah hukum perdata
D. Sistem manajemen keraton
E. Masalah hukum pidana NN
16. Kesultanan
Mataram berhasil dikuasai Belanda. Wilayah
kekuasaanya kemudian dibagi menjadi dua, yaitu kesultanan Ngayogyakarta dan
Kasunan Surakarta. Hal ini merupakan hasil dari perjanjian ….
A. Ambarawa
B. Kertasura
C. Bongaya
D. Gyanti
E. Unggaran
17.
Seorang wali di Cirebon menciptakan
tari-tarian yang mengandung nilai moral Islam, tetapi tetap mempertahankan
unsur estetika lokal. Pertunjukan tersebut diminati dan menjadikan dakwah lebih
mudah diterima. Langkah ini menunjukkan
bahwa penyebaran Islam dilakukan dengan cara...
A. Menghapus budaya lama secara total
B. ngasingkan diri dari budaya lokal
C. Menggabungkan dakwah dengan ekspresi budaya
D. Memaksakan hukum Islam secara formal
E. Meniru cara penyebaran agama lain
18. Sultan
Ageng Tirtayasa adalah sultan Banten telah berhasil membawa kesultanan ini
mencapai masa kejayaannya. Namun masa itu berakhir Karena pengkhianatan yang
telah dilakukan oleh putranya sendiri Sultan Haji dalam bentuk ….
A. Menangkap
dan menyerahkan ayahnya ke pihak Belanda
B. Berambisi
merebut kekuasaan dari ayahnya
C. Senang
memerintah tanpa pengawasan
D. Mempertahankan
takhtanya
E. Lebih
memihak VOC
19. Perang
Makassar merupakan salah satu perang terbesar yang dialami VOC pada abad XVII.
Latar belakang dari perang tersebut adalah …
A. Serangan
VOC atas pelabuhan Somba Opu milik
kesultanan Makassar
B. VOC
menjadikan pelabuhan perdagangan rempah-rempah
C. Keberadaan
VOC mengganggu eksistensi perdagangan dan pelayaran Makassar
D. Armada
pelayaran kesultanan Makassar bentrok
dengan kapal-kapal dagang VOC di perairan Makassar
E. Cita-cita
Sultan Hasanudin menjadikan Makssar sebagai emporium Nusantara bagian Timur
20.
Dalam cerita rakyat Jawa, tokoh
Sunan Kalijaga dikenal sebagai wali yang sering berdakwah melalui kesenian
seperti wayang kulit dan gamelan. Ia menyisipkan ajaran Islam dalam lakon
pewayangan agar mudah diterima masyarakat.
Metode dakwah yang digunakan oleh Sunan
Kalijaga menggambarkan pendekatan...
A.
Dogmatis dan tekstual
B.
Kultural dan akomodatif
C.
Radikal dan militant
D.
Rasional dan ilmiah
E.
Eksklusif dan tertutup
21.
Dalam kisah dakwah Wali Songo,
disebutkan bahwa banyak dari mereka mendorong pernikahan antara ulama dengan
wanita bangsawan lokal. Dengan begitu, mereka bisa menyebarkan Islam sambil
membangun kepercayaan dalam sistem kerajaan.
Strategi ini mencerminkan bahwa Wali
Songo juga memanfaatkan...
A. Jalur keturunan dan darah biru
B. Strategi ekspansi kekuatan asing
C. Jaringan militer antar kerajaan
D. Kolonialisme budaya asing
E. Strategi sosial dan kultural
22.
Pada abad ke-13, wilayah pantai
utara Sumatra ramai dikunjungi kapal dagang dari Gujarat, Arab, dan Tiongkok.
Salah satu kerajaan di sana berkembang pesat karena letaknya yang dekat dengan
jalur pelayaran internasional di Selat Malaka.
Kerajaan yang dimaksud adalah...
A. Sriwijaya
B. Malaka
C. Samudera Pasai
D. Aceh Darussalam
E. Mataram Islam
23. Pernyataan
berikut yang tidak tepat terkait Raden Patah adalah…
A. Belajar
agama pada sultan Ampel di Jawa Timur lalu mendirikan pesantren di Jawa Tengah
B. Sampai
akhir hayatnya Prabu Brawijaya tidak mengakui sebagai anak kandung
C. Anak
tiri adipati Palembang bernama Arya Damar
D. Anak
kandung dari Brawijaya V
E. Dibesarkan
di Palembang lalu ke Pulau Jawa
24. Faktor
penyebab kemunduran kesultanan Mataram Islam setelah sultan Agung tidak menjadi
raja adalah…
A. Sultan-sultan
sesudahnya memerintah dengan sangat lemah
B. Terjadi
pemerontakan yang dipimpin oleh Trunjoyo
C. Pengkhianatan
yang dialkukan oleh sultan Agung
D. Wilayah
kesultanan semakins sempit
E. Adanya
campur tangan Belanda terhadap maslah internal keluarga kesultanan
25. Kedatangan
islam membawa pengaruh terhadap masyarakat Nusantara. Pengaruhnya dalam bidang
politik antara lain…
A. Berkembangnya
tulisan Arab Melayu di Indonesia
B. Nama
raja Jawa menggunakan nama Arab
C. Ukiran
hewan dan makhluk hidup yang disamarkan
D. Penanggalan
Jawa menggunakan perhitungan peredaran bulan, seperti penggalan Hijriah
E. Konsep
dewa raa diganti dengan konsep sultan sebagai khalifa
26. 1.
Menjadi Bandar cengkih dan pala dari kepuluan Maluku
2. Tujuan migrasi saudagar-saudagar
Islam dari Malaka
3. Menghasilkan rempah-rempah
sendiri berupa pala dan cengkeh
4. Menjadi pemasok beras untuk
wilayah timur dan barat Nusantara
5. Ramai dikunjungi para saudagar
mancanegara, baik,Arab,Melayu,Maupun Eropa
Alasan utama Makassar merupakan
salah satu simpul penting dalam jalur rempah ditunjukan nomor …..
A. 1,4,5
B. 1,2,4
C. 2,4,5
D. 1,2,3
E. 1,3,5
27.
Di Samudera Pasai, ulama dari Arab
dan Persia tinggal dalam waktu lama. Mereka mendirikan masjid, madrasah, dan
menerjemahkan kitab-kitab ke dalam bahasa Melayu.
Fungsi utama Samudera Pasai dalam
penyebaran Islam adalah sebagai...
A.
Kerajaan taklukan Sriwijaya
B.
Pelabuhan pertahanan laut
C.
Pusat penyebaran ajaran Buddha
D.
Pusat dakwah dan pendidikan Islam
E.
Basis militer Islam di Asia Tenggara
28.
Dalam catatan Marco Polo dan Ibnu
Battuta, raja Samudera Pasai disebut menjalin hubungan baik dengan pedagang
dari Timur Tengah dan Asia Selatan. Ia bahkan disebut mengirim utusan ke Mesir
dan India.
Hal ini menunjukkan bahwa Samudera
Pasai memiliki...
A.
Armada laut yang kuat
B.
Jaringan dagang dan diplomasi
internasional
C.
Teknologi maritim dari Tiongkok
D.
Ketergantungan pada kerajaan Hindu
E.
Kekuatan militer darat
29. Sekitar
abad VII hingga XVI , Nusantara merupakan jalur perdagangan yang ramai. Pada
saat itu pula, terjadi silang Budaya antara pedagang asing dan penduduk
Nusantar, salah satunya masuknya agama Islam.seiring melemahnya pengaruh Hindu
Budha di Nusantara muncul kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara diantaranya
Samudera Pasai, Aceh,Banten,Demak,Mataram,Gowa Tallo serta Ternate dan Tidore,
berdasrkan informasi tersebut simpulan yang dapat diambil adalah ….
A. Nusantara
merupakan jalur perdagangan rempah yang ramai sejak abad VII-XVI
B. Penyebaran
Islam di Nusantara tidak terlepas dari aktivitas perdagangan intenasional
C. Kerajaan-kerajaan
Islam di Nusantara sudah melakukan perdagangan internasional sejak abad VII
hingga XVI
D. Kerajaan-kerajaan
islam di Nusantara didirikan oleh pedagang-pedagang Asing
Arab.Gujarat,India,yang berada di Nusantara
E. Aktivitas
perdagangan internasional internasional menyebabkan runtuhnya kerajaan-kerajaan
Hindu Budha di Nusantara
30. Salah satu Wali Songo yang dikenal karena kemampuannya berdakwah melalui seni adalah Sunan Kalijaga. Ia memanfaatkan media wayang dan tembang-tembang Jawa sebagai sarana dakwah. Sementara itu, Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) dikenal sebagai wali pertama yang menyebarkan Islam di Jawa melalui pendekatan sosial, seperti membuka layanan kesehatan dan membantu ekonomi masyarakat.
Melalui usaha para wali inilah, Islam akhirnya berkembang luas di wilayah Nusantara dan membentuk fondasi penting dalam kebudayaan dan kehidupan masyarakat Indonesia hingga sekarang.
ilustrasi tersebut menggambarakan bahwa, cara yang dilakukan Wali Songo dalam menyebarkan agama Islam di Jawa lebih menekankan pada…
A. Pendekatan militer dan penaklukan wilayah
B. Strategi perdagangan antar pulau
C. Kekuatan politik kerajaan Islam
D. Pendekatan budaya dan sosial kemasyarakatan
E. Penindasan terhadap kepercayaan local
31. Masjid Agung Demak merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia dan diyakini didirikan oleh Wali Songo. Masjid ini memiliki atap berbentuk tumpang (berundak tiga), mirip dengan bangunan tradisional Jawa, dan tidak menggunakan kubah sebagaimana masjid-masjid di Timur Tengah. Di dalam masjid juga terdapat tiang saka guru yang konon dibuat oleh Sunan Kalijaga dari bahan kayu pilihan. Peninggalan seperti ini menunjukkan bahwa proses penyebaran Islam di Indonesia tidak menghilangkan budaya lokal, tetapi justru mengadaptasi dan menggabungkannya dengan nilai-nilai Islam. Berdasarkan ilustrasi tersebut, bentuk akulturasi budaya Islam dengan budaya lokal dapat terlihat dari…
A. Penggunaan aksara Arab dalam naskah kuno
B. Pengaruh bahasa Arab dalam komunikasi sehari-hari
C. Arsitektur masjid yang mengadopsi bentuk bangunan tradisional Jawa
D. Penyeragaman bentuk masjid seperti di Arab Saudi
E. Penghapusan seluruh bentuk budaya lokal yang tidak sesuai syariat
32. Salah satu karya sastra terkenal yang muncul pada masa Islamisasi adalah Hikayat Raja-Raja Pasai, yang tidak hanya menceritakan sejarah kerajaan Islam pertama di Indonesia, tetapi juga mengandung unsur keagamaan dan kisah teladan yang dapat dijadikan pelajaran moral. Selain itu, penggunaan huruf Arab-Melayu atau Arab Pegon dalam penulisan naskah-naskah Islam menjadi ciri khas yang membedakan budaya Islam di Indonesia.
Peninggalan sastra seperti ini menjadi bukti bahwa Islam turut memperkaya budaya lokal, khususnya dalam bidang bahasa dan sastra. Berdasarkan ilustrasi tersebut, salah satu bentuk peninggalan budaya Islam dalam bidang sastra adalah…
A. Penulisan kitab hukum adat dalam bahasa Belanda
B. Pembuatan prasasti berbahasa Sansekerta
C. Penggunaan syair dan hikayat bernuansa Islami
D. Pembangunan candi yang menggambarkan ajaran Islam
E. Cerita pewayangan Hindu dalam naskah kuno
33.
Salah satu raja Samudera Pasai
bergelar “Sultan Malik al-Saleh”. Ia dikenal sebagai raja yang taat beragama
dan menjadi panutan dalam kehidupan Islam. Di masanya, banyak madrasah dan
masjid dibangun.Kebijakan Sultan Malik
al-Saleh menunjukkan bahwa...
A. Raja menggunakan Islam untuk kepentingan politik semata
B. Islam menjadi agama formal kerajaan
C. Kerajaan hanya terbuka untuk pedagang Muslim
D. Sistem keagamaan diserahkan ke ulama sepenuhnya
E. Islam disebarkan melalui peperangan
34.
Pelabuhan di Pasai memungut bea
cukai dari setiap kapal dagang yang singgah. Pemasukan dari kegiatan ini
digunakan untuk pembangunan masjid, istana, dan pendidikan.Peran pelabuhan dalam struktur ekonomi
Samudera Pasai adalah sebagai...
A. Sumber pajak tanah
B. Sumber ekonomi utama kerajaan
C. Cadangan logistik pasukan
D. Wilayah pertanian komunal
E. Basis militer kerajaan
35.
Siswa mengunjungi makam Sultan Malik
al-Saleh. Ia mencatat bentuk nisan yang khas berasal dari Gujarat dan tulisan
Arab di batu nisan tersebut.Temuan ini
membuktikan adanya...
A. Bukti peninggalan budaya Hindu-Buddha
B. Hubungan dengan kerajaan Majapahit
C. Akulturasi budaya Islam dengan luar negeri
D. Bukti penyebaran Kristen di Pasai
E. Penjajahan Eropa sebelum masa VOC
36. Islam mulai masuk ke Makassar sekitar awal
abad ke-17 dan menjadi agama resmi setelah dua kerajaan besar, Gowa dan Tallo,
menyatukan diri dan rajanya memeluk Islam. Setelah itu, penyebaran Islam
semakin intensif, terutama ke wilayah Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua bagian
barat. Penyebaran Islam dilakukan melalui jalur perdagangan, perkawinan, dan
dakwah yang dibawa oleh para ulama dan pedagang. Kesultanan Makassar juga
mendukung pendidikan Islam dan pembangunan masjid, serta mendorong penggunaan
huruf Arab-Melayu dalam naskah-naskah keagamaan dan administrasi.
Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Kesultanan Makassar memiliki peran penting dalam penyebaran Islam melalui…
A. Penjajahan dan penaklukan paksa wilayah-wilayah
timur
B. Pengiriman pasukan perang ke daerah-daerah non-Muslim
C. Pendekatan ekonomi, budaya, dan pendidikan keislaman
D. Pemaksaan hukum Islam secara ketat kepada seluruh rakyat
E. Perebutan wilayah dengan kerajaan Islam lainnya
37.
Kesultanan Banten berakhir pada masa pendudukan Inggris masa kepemimpinan
Thomas Rafless
SEBAB
Kesultanan
Banten melakukan penyerangan terhadap kerajaan Sunda Pajajaran pada masa
pemerintahan Maulana Hasanudin
A. Kedua Pertnyataan benar dan
mempunyai hubungan sebab akibat
B. Kedua pernyataan ebnar dan tidak
mempunyai hubungan s ebab akbat
C. Pernyataan pertama benar kedua
salah
D. Pernyatan pertama salah kedua
benar
E. Kedua pernytaan salah
38. Setelah runtuhnya Majapahit, banyak wilayah pesisir utara
Jawa beralih ke agama Islam. Seorang tokoh bernama Raden Patah mendirikan
kerajaan Islam di Bintoro yang menjadi pusat kekuatan Islam baru.Tokoh dan kerajaan yang dimaksud adalah...
A.
Sultan Malik al-Saleh – Samudera
Pasai
B.
Raden Wijaya – Majapahit
C.
Raden Patah – Demak
D.
Sultan Agung – Mataram
E.
Sultan Iskandar Muda – Aceh
39. Pelabuhan Jepara di bawah
pengaruh Demak menjadi pelabuhan penting di pantai utara Jawa. Banyak kapal
dari Malaka, Gujarat, dan Arab singgah di sana.Hal ini menunjukkan bahwa Kesultanan Demak memiliki kekuatan di bidang...
A. Maritim dan perdagangan
internasional
B. Industri manufaktur dan tekstil
C. Ekonomi agraris tertutup
D. Pertambangan batu bara
E. Perdagangan rempah-rempah hutan Kalimantan
40. Kesultanan Demak pernah mengirim
pasukan menyerang Malaka yang telah jatuh ke tangan Portugis. Namun serangan
tersebut tidak berhasil karena kekuatan militer yang belum seimbang.
Konflik ini menunjukkan bahwa Demak...
A. Tidak memiliki keinginan ekspansi
B. Menolak bekerja sama dengan bangsa Eropa
C. Ingin menguasai Maluku dari Portugis
D. Berupaya mengusir penjajah dari kawasan dagang penting
E. Menginginkan aliansi dagang dengan Belanda
41. Kesultanan Samudera Pasai adalah
kesultanan Islam tertua di Indonesia yang berdiri di Sumatera dengan Sultan pertama adalah Sultan Malik
Al Saleh yang memerintah sekitar tahun 1492
SEBAB
Kesultanan
Samudera Pasai merupakan Kesultanan yang pernah dikunjungi oleh Ibnu Batutah
pada masa pemerintahan Sultan Malik al Zahir
A.
Kedua
Pertnyataan benar dan mempunyai hubungan sebab akibat
B.
Kedua
pernyataan ebnar dan tidak mempunyai hubungan s ebab akbat
C.
Pernyataan
pertama benar kedua salah
D.
Pernyatan
pertama salah kedua benar
E.
Kedua
pernytaan salah
42. Berita Marco Polo banyak menjelaskan
tentang kehidupan penduduk muslim di Perlak yang mana banyak memberikan informasi terkait kesultanan Samudera Pasai
SEBAB
Berita
Marco Polo tiba sekitar tahun 1392
menyebutkan saat singgah di Sumatera ia mendapati Penduduk di sekitar
Perlak sudah menganut agama Islam
A. A. Kedua
Pertnyataan benar dan mempunyai hubungan sebab akibat
B. B. Kedua
pernyataan ebnar dan tidak mempunyai hubungan sebab akbat
C. C. Pernyataan
pertama benar kedua salah
D. D. Pernyatan
pertama salah kedua benar
E. E. Kedua
pernytaan salah
43. Setelah wafatnya Raden Patah, terjadi perebutan kekuasaan
antara Pati Unus dan Adipati Trenggana. Akhirnya Trenggana menjadi raja dan
memperluas wilayah hingga ke Jawa Timur.Konflik
ini menunjukkan bahwa Kesultanan Demak...
A.
Stabil secara politik sejak awal
B.
Tidak mengalami perebutan tahta
C.
Rentan konflik internal dalam
suksesi
D.
Tidak memperluas wilayah kekuasaan
E.
Hanya fokus pada perdamaian regional
44. Kesultanan Ternate dan Tidore adalah dua kerajaan Islam yang tumbuh di Kepulauan Maluku, wilayah yang sangat kaya akan rempah-rempah. Pada awal abad ke-16, Portugis menjalin kerja sama dengan Kesultanan Ternate, sementara Spanyol mendekati Kesultanan Tidore. Persaingan dagang ini kemudian berubah menjadi konflik terbuka yang melibatkan kedua kerajaan, bahkan menyebabkan perpecahan di antara kerajaan-kerajaan lokal lainnya. Meskipun bersaudara secara budaya dan agama, Ternate dan Tidore kerap berperang karena pengaruh politik dari bangsa asing. Berdasarkan latar belakang tersebut, yang menjadi penyebab utama konflik antara Kesultanan Ternate dan Tidore adalah…
A. Perbedaan sistem pemerintahan antara keduanya
B. Kecemburuan budaya dan adat istiadat lokal
C. Perebutan pengaruh politik dan monopoli dagang oleh bangsa Eropa
D. Konflik agama antara Islam dan Kristen
E. Perbedaan struktur sosial antara rakyat Ternate dan Tidore
45. Kesultanan Ternate dan Tidore dikenal sebagai pusat perdagangan rempah-rempah dunia, terutama cengkih. Kekayaan alam ini menjadikan wilayah Maluku sangat menarik bagi pedagang asing, termasuk Arab, Cina, dan kemudian bangsa Eropa. Namun, kedatangan Portugis dan kemudian Belanda membawa perubahan besar dalam sistem perdagangan lokal. VOC (Belanda) mulai memaksakan sistem monopoli dengan melarang rakyat dan kerajaan setempat menjual rempah-rempah kepada selain VOC. Hal ini membuat rakyat Maluku, termasuk para pemimpin lokal, mengalami kesulitan ekonomi dan kehilangan kedaulatan atas hasil buminya sendiri.
Berdasarkan kondisi tersebut, dampak dari sistem monopoli perdagangan rempah oleh VOC terhadap Kesultanan Ternate dan Tidore adalah…
A. Meningkatnya kesejahteraan rakyat karena harga rempah tinggi
B. Berkembangnya pelabuhan-pelabuhan lokal secara bebas
C. Terbentuknya aliansi perdagangan bebas di Maluku
D. Meningkatnya hubungan diplomatik dengan kerajaan-kerajaan Eropa
E. Hilangnya kebebasan ekonomi dan melemahnya kekuasaan local
46. Setelah Islam masuk ke Maluku, Penyebaran Islam dilakukan secara damai melalui jaringan pedagang, perkawinan, dan pendidikan agama di lingkungan istana. Kebijakan para sultan untuk mendirikan masjid, mengangkat qadhi (hakim agama), dan menulis naskah-naskah keislaman menunjukkan bahwa Islam telah menjadi fondasi penting dalam pemerintahan dan kehidupan masyarakat. Berdasarkan ilustrasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa salah satu bentuk akulturasi budaya Islam dalam Kesultanan Ternate dan Tidore adalah…
A. Penggunaan bahasa Belanda dalam pemerintahan
lokal
B. Penulisan hukum adat dalam aksara Latin
C. Penggabungan tradisi lokal dengan nilai-nilai Islam dalam pemerintahan
D. Pelarangan semua budaya lokal yang bertentangan dengan syariat
E. Adopsi sistem pemerintahan Eropa sepenuhnya
47. Kesultanan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa yang memiliki kekuatan politik dan militer yang cukup besar pada abad ke-16. Salah satu ancaman terbesar terhadap keberadaan dan pengaruh Kesultanan Demak adalah bangsa Portugis yang menguasai Malaka sejak tahun 1511. Hal ini mendorong Sultan Trenggana untuk melancarkan ekspedisi militer ke Malaka guna mengusir Portugis dan mempertahankan jalur dagang Islam. Namun, ekspedisi tersebut tidak berhasil karena kekuatan militer Portugis yang lebih modern dan kuat di lautan. Meskipun demikian, penyerangan ini menunjukkan tekad Kesultanan Demak dalam mempertahankan kedaulatan ekonomi dan agama di kawasan Nusantara. Gambaran diatas menunjukkan bahwa alasan utama Kesultanan Demak menyerang Portugis di Malaka adalah…
A. Untuk memperluas wilayah kekuasaan ke
Semenanjung Malaya
B. Karena Malaka merupakan wilayah bekas kekuasaan Majapahit
C. Demi membalas penghinaan Portugis terhadap utusan Demak
D. Karena penguasaan Portugis atas Malaka mengganggu jaringan dagang
perluasan pengaruh Islam
E. Untuk mencari dukungan Portugis dalam melawan kerajaan Hindu
48. Setelah wafatnya Sultan Trenggana, Kesultanan Demak mulai
mengalami perpecahan internal yang mengarah pada berdirinya kerajaan baru
seperti Pajang dan Mataram.
Faktor utama penyebab kemunduran
Kesultanan Demak adalah...
A.
Kekalahan dari Kerajaan Hindu
B.
Kekeringan dan bencana alam
C.
Konflik internal keluarga kerajaan
D.
Serangan dari pedagang Cina
E.
Penolakan masyarakat terhadap Islam
49. Seorang pedagang Portugis mencatat bahwa Banten menjadi tempat singgah favorit kapal dagang karena terletak di Selat Sunda yang sibuk.Keunggulan utama letak Kesultanan Banten adalah...
A. Dekat pusat pertanian Majapahit
B. Terletak di jalur dagang internasional
C. Terpencil dari kota besar
D. Dikelilingi pegunungan
E. Berbatasan langsung dengan Kesultanan Aceh
50. Sultan
Ageng Tirtayasa dikenal sebagai raja besar Banten yang menolak dominasi VOC dan
memperkuat militer laut.
Sikap Sultan
Ageng terhadap VOC mencerminkan...
A. Kolaborasi terbuka dengan VOC
B. Penyerahan kekuasaan pada Belanda
C. Perlawanan terhadap kolonialisme
D. Persaingan perekonomian
E. Ketergantungan ekonomi pada VOC
51. Kesultanan Demak yang saat itu dipimpin oleh Fatahillah memandang perjanjian antara Sunda dan Portugis ini sebagai ancaman serius, baik secara agama maupun militer. Pada tahun 1527, pasukan Demak menyerang dan merebut Sunda Kelapa dari tangan Portugis dan Pajajaran. Setelah penaklukan ini, nama Sunda Kelapa diubah menjadi Jayakarta, yang menjadi cikal bakal kota Jakarta saat ini. alasan Kesultanan Demak menyerang Sunda Kelapa addalah ….
A. Ingin menjadikan Sunda Kelapa sebagai ibu kota
Demak
B. Mencegah Portugis membangun benteng yang mengancam kedaulatan Islam
C. Menguasai kerajaan Sunda secara keseluruhan
D. Membalas penyerangan kerajaan Sunda ke wilayah Demak
E. Menjalin hubungan dagang langsung dengan Portugis
52. Kesultanan Banten tidak hanya berperan sebagai pusat perdagangan, tetapi juga sebagai pusat penyebaran agama Islam di wilayah barat Pulau Jawa. Sultan Maulana Hasanuddin, putra dari Sunan Gunung Jati, menjadikan Islam sebagai agama resmi kerajaan. Selain membangun masjid dan pesantren, para sultan juga aktif mendukung dakwah ke daerah pedalaman. Peran ulama sangat penting dalam kehidupan politik dan sosial Kesultanan Banten. Kegiatan keagamaan menjadi bagian dari sistem pendidikan dan pemerintahan, yang memperkuat identitas Islam dalam masyarakat Banten.
Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Kesultanan Banten…
A. Memisahkan antara pemerintahan dan agama
B. Menjadikan ulama sebagai musuh politik kerajaan
C. Menerapkan sistem sekuler dalam pemerintahan
D. Mendorong Islamisasi melalui pendidikan dan dakwah
E. Melarang penyebaran agama Islam di luar istana
53. Pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa, Kesultanan Banten mencapai kejayaannya. Namun, pada akhir pemerintahannya, terjadi konflik dengan putranya sendiri, Sultan Haji. Sultan Haji merasa terancam dan meminta bantuan VOC untuk merebut kekuasaan dari ayahnya.
VOC memanfaatkan konflik ini untuk memperkuat kedudukannya di Banten. Setelah kemenangan Sultan Haji, VOC mulai mencampuri urusan pemerintahan, mengendalikan pelabuhan, dan membatasi aktivitas perdagangan bebas yang sebelumnya dijaga oleh Sultan Ageng. Penjelasan di atas memberikan gambaran bahwa penyebab melemahnya kesultanan Banten adalah …..
A. Serangan langsung VOC ke pelabuhan Banten
B. Konflik internal yang dimanfaatkan
oleh VOC atau politik devide et Impera
C. Kebijakan terbuka Sultan Ageng terhadap semua pedagang
D. Penolakan Sultan Haji terhadap pengaruh Belanda
E. Pindahnya pusat kerajaan ke Cirebon
54. Setelah jatuhnya Kesultanan Banten, wilayah tersebut menjadi bagian dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Perubahan besar terjadi dalam struktur sosial masyarakat Banten. Peran ulama dan bangsawan lokal berkurang, digantikan oleh pegawai-pegawai kolonial. Selain itu, kegiatan perdagangan yang dulu dikuasai pribumi kini dikuasai oleh pedagang Eropa dan Cina.
Masyarakat Banten yang dulunya mandiri secara ekonomi dan politik mulai kehilangan kendali atas tanah, pelabuhan, dan sistem hukum lokal.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, perubahan sosial yang terjadi setelah keruntuhan Kesultanan Banten ditandai oleh…
A. Penguatan kembali peran ulama dalam pemerintahan
B. Kembalinya sistem hukum Islam sebagai dasar kolonial
C. Melemahnya kedaulatan lokal dan munculnya dominasi kolonial
D. Meningkatnya kekuasaan bangsawan Banten dalam pemerintahan
E. Berkembangnya jaringan dagang pribumi di Asia Tenggara
55. Sultan Ageng Tirtayasa bersekutu dengan kerajaan lain di Jawa untuk melawan Belanda, tetapi gagal karena pengkhianatan internal. Kekalahan ini disebabkan oleh...
A. Kekuatan senjata VOC yang lemah
B. Dukungan penuh rakyat pada VOC
C. Perpecahan dalam keluarga kerajaan
D. VOC menyerah sebelum perang
E. Tidak adanya konflik sama sekali
56. Seorang bangsawan dari Pajang bernama Sutawijaya membangun pusat kekuasaan baru di Kotagede dan mendirikan Mataram Islam.Hal ini menunjukkan bahwa Mataram...
A. Berasal dari wilayah luar Jawa
B. Berdiri tanpa hubungan dengan kerajaan lain
C. Lahir sebagai kelanjutan dari kekuasaan Islam sebelumnya
D. Didirikan oleh kerajaan Hindu
E. Dikuasai langsung oleh VOC
57. Sultan Agung memperluas kekuasaan Mataram hingga ke Jawa Timur dan menyerang Batavia (VOC).Tujuan utama penyerangan Batavia adalah...
A. Menjalin kerja sama dagang
B. Menjadi sekutu VOC
C. Menguasai perdagangan dan mengusir Belanda
D. Mencari bantuan militer dari Belanda
E. Melindungi kerajaan Hindu
58. Mataram Islam dikenal menerapkan sistem pemerintahan yang terpusat di tangan raja dan membatasi kekuasaan bangsawan lokal.Kebijakan ini bertujuan untuk...
A. Menyerahkan kekuasaan pada rakyat
B. Menghindari konflik dengan VOC
C. Memperkuat kekuasaan raja secara absolut
D. Membebaskan pajak rakyat
E. Menghapus sistem kerajaan
59. Mataram Islam dikenal melestarikan seni wayang, gamelan, dan sastra Jawa klasik yang bernafaskan Islam.Hal ini mencerminkan...
A. Penolakan terhadap tradisi lokal
B. Penghancuran budaya lama
C. Islamisasi dengan pendekatan budaya
D. Pemaksaan bahasa Arab
E. Penghapusan budaya Jawa
60. Meski dua kali menyerang Batavia, Sultan Agung gagal mengalahkan VOC karena kekurangan logistik dan penyakit tropis.Faktor utama kegagalan penyerangan tersebut adalah...
A. Dukungan penuh dari VOC
B. Tidak adanya pasukan yang dikirim
C. Logistik dan medan sulit
D. VOC menyerah sebelum perang
E. Tidak adanya niat menyerang
61. Di abad ke-16, pulau Ternate dan Tidore dikenal sebagai “pulau rempah” karena menghasilkan cengkih yang sangat diminati dunia. Portugis, Spanyol, dan Belanda berlomba-lomba menguasai wilayah ini.Alasan Mengapa Ternate dan Tidore menjadi pusat perhatian bangsa Eropa adalah ….
A. Lokasinya dekat Batavia
B. Tanahnya subur untuk komoditas yang dibutuhkan
C. Kaya akan hasil tambang emas
D. Merupakan penghasil rempah bernilai tinggi
E. Memiliki jalur sutra darat yang penting dalam perdagangan internasional
62. Sultan Zainal Abidin dari Ternate adalah tokoh penting dalam Islamisasi
di kawasan Maluku. Ia belajar agama Islam dari ulama dari Jawa dan Gowa.
Hal ini
menunjukkan bahwa Islam masuk ke Ternate melalui...
A. Penaklukan militer
B. Perdagangan dan pendidikan
C. Penyebaran Hindu-Buddha
D. Penjajahan VOC
E. Dominasi Majapahit
63.
Kesultanan Ternate dan Tidore sering bersaing memperebutkan pengaruh di Maluku.
Namun, keduanya juga menghadapi tekanan dari bangsa Eropa. Dampak dari persaingan ini
bagi keduanya dalam menghadapi kolonialisme adalah ….
A. Memperkuat posisi Islam di Maluku
B. Mempercepat integrasi nasional
C. Memudahkan bangsa Eropa untuk memecah dan menguasai
D. Membuat VOC mundur dari Maluku
E. Meningkatkan kerja sama ekonomi
64. Spanyol bersekutu dengan Tidore untuk menandingi pengaruh Portugis di Ternate.Kerja sama ini menunjukkan bahwa...
A. Spanyol dan Portugis selalu damai
B. Spanyol netral dalam konflik
C. Kesultanan Tidore memanfaatkan kekuatan luar
D. Kesultanan Tidore tunduk pada Portugis
E. Spanyol menguasai seluruh Indonesia
65. Sultan Baabullah, putra Sultan Hairun, berhasil mengusir Portugis dari Ternate tahun 1575 perlawanan ini member gambaran sejarah perjuangan Indonesia dalam melawan penjajahan bangsa Eropa. Perlawnaan ini juga merupakan perlawnan yang besar dan berhasil mengusir penjajah. Makna Keberhasilan ini adalah …..
A. Awal dari keruntuhan kolonialisme Belanda
B. Kemenangan besar lokal atas kekuatan Eropa
C. Keruntuhan Islam di Maluku
D. Integrasi Ternate dengan VOC
E. Akhir kejayaan rempah-rempah
66. Dalam persaingan memperebutkan Maluku, Spanyol mendukung Tidore dan
Portugis mendukung Ternate, sebelum keduanya kemudian bersatu di bawah
perjanjian Tordesillas.
Tujuan utama
bangsa Eropa menjalin aliansi dengan kesultanan lokal adalah …
A. Menyebarkan Islam
B. Membantu pertanian lokal
C. Menguasai perdagangan rempah
D. Mengembangkan pendidikan
E. Membangun masjid
67. Meski menerima Islam, masyarakat Maluku tetap mempertahankan tradisi lokal, seperti upacara adat dan bahasa daerah.Hal ini menunjukkan bukti bahwa …..
A. Islam menolak budaya lokal
B. Islam berkembang melalui akulturasi budaya
C. Budaya lokal dihapuskan sepenuhnya
D. Islam hanya berkembang di Jawa
E. Tradisi lokal tidak bertahan
68. Kesultanan Aceh tumbuh pesat karena menguasai jalur perdagangan di Selat
Malaka. Aceh bersaing dengan Portugis di Malaka demi menguasai jalur dagang
ini.
Faktor yang
mendorong Aceh bersaing dengan Portugis dalam konteks tersebut adalah …
A. Menguasai seluruh Nusantara
B. Menyebarkan agama Hindu
C. Menguasai jalur perdagangan strategis
D. Mencari koloni pertanian
E. Melindungi budaya lokal
69. Kesultanan Aceh mendirikan lembaga pendidikan seperti Baitul Hikmah yang mengoleksi banyak buku dan pendidikan yang mumpuni sehingga kesultanan ini berkembang. Dampak keberadaan lembaga tersebut bagi perkembangan Islam di Nusantara adalah …
A. Islam hanya diajarkan di istana
B. Meningkatkan literasi dan pengaruh ulama
C. Mengganti semua ajaran lokal
D. Menghapuskan pendidikan tradisional
E. Menolak pengaruh luar
70. Sultan Hasanuddin dijuluki "Ayam Jantan dari Timur" karena
perlawanan gigihnya terhadap VOC. Perlawanan ini menggambarakan ketangguhan
dari Hasanudin menjaga wilayahnya.
nilai
penting dari perlawanan Sultan Hasanuddin dalam sejarah Indonesia adalah ….
A. Perluasan wilayah secara fisik terhadap VOC
B. Kegagalan ekspansi Islam
C. Simbol perjuangan melawan kolonialisme
D. Dukungan kepada pendududan kolonial
E. Menghapuskan perdagangan
71. Setelah perang melawan VOC, Kesultanan Gowa-Tallo dipaksa menandatangani Perjanjian Bongaya pada 1667. Dampak utama perjanjian tersebut bagi Kesultanan Gowa-Tallo adalah ….
A. Memperkuat sistem pertahanan
B. Menurunkan kekuasaan Gowa secara drastis
C. Memberikan kemerdekaan pada Gowa
D. Memperluas wilayah kekuasaan
E. Menetapkan Islam sebagai agama resmi VOC
72. Pendidikan di Aceh memberikan pengaruh ke beberapa wilayah hingga
Kitab-kitab karangan ulama Aceh menyebar hingga ke Pattani dan Semenanjung
Malaya.
Apa arti
penting dalam kontkes di atas adalah ….
A. Aceh tertinggal dalam pendidikan
B. Aceh menjadi pusat keilmuan Islam regional
C. Aceh hanya berfokus pada militer
D. Aceh menolak pengaruh luar
E. Kitab hanya digunakan di pesantren
73. Salah satu peninggalan islam adalah Kalender Hijriyah diperkenalkan untuk penentuan hari-hari besar seperti Ramadan dan Idul Fitri.Makna utama penggunaan kalender ini bagi masyarakat Muslim adalah ….
A. Mendorong sistem pertanian
B. Alat perdagangan internasional
C. Penyesuaian tata waktu dengan nilai religius
D. Kalender hanya milik Belanda
E. Tidak digunakan secara luas
74. Hingga saat ini masih banyak peninggalan yang masih mempengaruhi kehidupan masyarakat Islam di Indoensia, Banyak nama-nama masyarakat Indonesia mengandung unsur Arab seperti "Ahmad", "Zainal", "Fatimah", dan "Hassan". Fakta tersebut menunjukkan bahwa …..
A. Penggantian identitas secara paksa
B. Upaya meniru budaya Arab
C. Islam memengaruhi identitas pribadi masyarakat
D. Penghapusan budaya lokal
E. Penyesuaian pada VOC
75. Naskah kuno seperti "Serat Centhini" dan "Suluk Malang Sumirang" memuat ajaran Islam dengan gaya sastra lokal. Nilai yang terkandung dari peninggalan ini dalam perkembangan keilmuan tersebut adalah …..
A. Merusak ajaran Islam
B. Simbol kejayaan Hindu-Buddha
C. Pengayaan dakwah melalui bahasa dan budaya lokal
D. Penolakan terhadap Islam luar
E. Bentuk perlawanan pada Belanda
SOAL URAIAN
1.
Kesultanan Samudra Pasai merupakan kerajaan Islam
pertama di Nusantara yang berkembang di pesisir utara Sumatra pada abad ke-13.
Letaknya yang strategis menjadikannya pelabuhan penting dalam perdagangan
internasional.
Jelaskan bagaimana posisi geografis dan jaringan perdagangan internasional
memengaruhi penyebaran Islam di Samudra Pasai
2.
Kesultanan Demak adalah kerajaan Islam pertama di Jawa
yang menjadi pelopor Islamisasi di wilayah tersebut dan aktif melawan Portugis.
Uraikan peran Kesultanan Demak dalam penyebaran Islam di Jawa dan analisis
bagaimana ekspedisinya ke Sunda Kelapa menunjukkan visi geopolitik dan
keagamaan sultan Demak ?
3.
Kesultanan Mataram Islam berupaya menyatukan wilayah
Jawa di bawah kekuasaan Islam. Namun, konflik dengan VOC dan kerajaan pesisir
menghambat ekspansinya.
Jelaskan tantangan yang dihadapi Kesultanan Mataram dalam menyatukan Jawa dan
bagaimana intervensi VOC memengaruhi keberlangsungan kekuasaannya
4. Kesultanan Gowa-Tallo berkembang menjadi pusat perdagangan dan penyebaran Islam di kawasan timur Indonesia, terutama setelah menerima Islam secara resmi pada abad ke-17. Uraikan bagaimana kebijakan Kesultanan Makasar dalam menghadapi monopoli VOC, serta bagaimana peran Islam memperkuat identitas kerajaan di tengah tekanan kolonial!
5. Pada abad ke-15, seorang pemuda bernama Hasanuddin tinggal di sebuah pelabuhan kecil di pesisir utara Jawa. Ia sering mendengar cerita dari para saudagar Gujarat dan Arab mengenai agama Islam dan pusat-pusat kekuasaan Islam yang mulai berkembang di pesisir Nusantara. Suatu hari, ia memutuskan untuk pergi ke Kesultanan Demak untuk mencari ilmu dan berdagang.Berdasarkan cerita di atas, jelaskan bagaimana peran Kesultanan Demak dalam penyebaran Islam di Nusantara serta peran pelabuhan dan aktivitas perdagangan dalam proses Islamisasi!
6.
Fatimah, seorang gadis dari Ternate,
tumbuh besar di bawah kekuasaan Sultan Baabullah. Ia sering menyaksikan
bagaimana rakyat Ternate bersatu melawan penjajahan Portugis dan mempertahankan
kedaulatan wilayahnya. Ia juga melihat bagaimana ajaran Islam dipraktikkan
dalam kehidupan sehari-hari di istana dan masyarakat. Jelaskan peran Kesultanan
Ternate dalam menghadapi kolonialisme dan dalam penyebaran Islam di kawasan
timur Nusantara!
7.
Seorang penjelajah dari Eropa
mencatat dalam jurnalnya bahwa ia pernah mengunjungi sebuah kota pelabuhan yang
ramai dan dipenuhi aktivitas perdagangan rempah-rempah. Di sana, ia juga
menyaksikan kemegahan Masjid Raya dan sekolah-sekolah Islam yang mengajarkan
tafsir dan hukum Islam. Kota itu adalah pusat Kesultanan Aceh Darussalam pada
abad ke-16.Uraikan peran strategis Kesultanan Aceh dalam perdagangan
internasional dan penyebaran Islam di Sumatra serta hubungannya dengan dunia
Islam global!
8.
Dalam sebuah percakapan, dua sahabat
bernama Arif dan Jaka membahas tentang pengaruh Sultan Agung dari Kesultanan
Mataram terhadap penyatuan wilayah Jawa dan upaya Islamisasi di pedalaman. Jaka
heran mengapa Kesultanan Mataram sangat berpengaruh padahal tidak terletak di
daerah pesisir. Jelaskan bagaimana strategi Kesultanan Mataram dalam memperluas
pengaruh politik dan penyebaran Islam ke pedalaman Jawa!
9.
Pada sebuah pameran sejarah, seorang
pemandu menjelaskan bahwa Kesultanan Gowa-Tallo di Sulawesi Selatan mengalami
transformasi besar setelah Raja Tallo memeluk Islam. Ia kemudian menjalin
hubungan dengan ulama dari luar Nusantara dan memperkuat institusi keagamaan di
wilayahnya. Analisis bagaimana proses Islamisasi terjadi di Sulawesi melalui
Kesultanan Gowa-Tallo dan pengaruhnya terhadap masyarakat lokal!
10. Kesultanan Ternate
Tiodore adalah kesultanan Islam di Maluku yang cukup berperan dalam perdagangan
sampai pada kedatangan bangsa Eropa. Kesultanan ternate Tiodore juga menjadi
incaran bangsa Eropa. Kesultanan ini kaya akan rempah-rempah dan juga makmur
namun kemakmurannya pelan-pelan runtuh. Uraikan bagimana proses keruntuhan
kesultanan ini dan apa penyebabnya
Komentar
Posting Komentar