LATIHAN SOAL-SOAL KELAS XI

 

BANK SOAL KELAS XI

1.      Pada suatu pagi di bulan Oktober 1945, para pemuda di Surabaya berkumpul di sebuah gedung untuk membahas ultimatum yang dikeluarkan oleh pihak Sekutu. Mereka tahu bahwa jika ultimatum itu dipatuhi, maka senjata mereka harus diserahkan dan pengaruh penjajah akan kembali menguat. Namun, tokoh-tokoh seperti Bung Tomo menyerukan perlawanan. Akhirnya, pecahlah pertempuran besar yang berlangsung selama beberapa minggu.Alasan utama para pejuang di Surabaya menolak ultimatum dari Sekutu adalah …

A.    Mereka tidak memahami isi ultimatum tersebut.

B.     Mereka tidak memiliki pemimpin yang mengarahkan perjuangan

C.     Masayarkat Surabaya meyakini bisa mengalahkan pasuk Sekutu dengan persenjataan yang di Miliki

D.    Mereka menolak kembalinya pengaruh penjajahan dan siap berjuang demi kedaulatan.

E.     Mereka ingin bekerja sama dengan tentara sekutu

2.      Di Ambarawa, pasukan Indonesia yang dipimpin oleh Jenderal Sudirman melakukan gerilya untuk menghadapi pasukan Sekutu yang diboncengi NICA. Dalam situasi yang sulit, Jenderal Sudirman yang masih muda namun penuh semangat berhasil memimpin serangan dengan strategi gerilya. Kelebihan strategi gerilya dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan seperti di Ambarawa adalah ….

A.    Menghindari pertempuran langsung dan lebih banyak bernegosiasi.

B.     Mengandalkan kekuatan diplomasi daripada kekuatan militer.

C.     Menyerang lawan secara langsung di pusat kekuatan mereka.

D.    Menyerang secara tiba-tiba dan cepat, cocok untuk wilayah yang dikuasai penjajah.

E.     Penyerangan secara berkelompok dan secara sembunyi-sembunyi

3.      Pada akhir tahun 1945, AFNEI mendarat di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di Surabaya. Kedatangan mereka ditolak oleh rakyat dan pemuda, terutama karena kehadiran NICA yang dibonceng oleh AFNEI. Situasi memanas dan meledak menjadi pertempuran besar, yaitu Pertempuran 10 November 1945.

 Peran AFNEI dalam meletusnya Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya adalah ….

A. AFNEI melindungi warga Indonesia dari kekejaman Jepang.
B. AFNEI memfasilitasi negosiasi damai antara Indonesia dan Belanda.
C. AFNEI terlibat langsung dalam upaya militer melawan rakyat Surabaya bersama NICA.
D. AFNEI netral dan hanya menjadi penonton pertempuran.
E. AFNEI mendorong berdirinya pasukan perjuangan rakyat.

4.      Dalam situasi konflik Indonesia dan Belanda Negara-negara dunia seperti India, Mesir, dan Amerika Serikat turut menekan Belanda. Dukungan tersebut bisa membuahkan hasil dan melangkah pada perundingan. Alasan dukungan dunia internasional penting dalam keberhasilan diplomasi Indonesia adalah ….

A. Karena bisa menekan Belanda untuk segera mengakui kedaulatan.
B.  Negara-negara yang mendukung merupakan negara adikuasa
C. Karena negara-negara tersebut memiliki kekuasaan di PBB
D. Karena dunia ingin mengambil alih wilayah Indonesia.
E. Karena Indonesia ingin menjadi negara Eropa.

5.      Setelah diplomasi dan diskusi yang panjang pada akhirnya panjang, Indonesia diakui sebagai negara yang berdaulat dengan dekularkannya isi dari KMB.Pengaruh utama pengakuan kedaulatan terhadap pembangunan Indonesia pascakemerdekaan adalah ….

A. Pembangunan perekonomian yang jauh lebih baik
B. Membuka kesempatan untuk membangun sistem pemerintahan dan kerja sama luar negeri secara sah.
C. Meredam konflik internal
D. Menjadikan Indonesia negara yang mampu mengatur pemerintahannya
E. Menyebabkan Indonesia keluar dari PBB.

 

6.      Dalam menyongsong peristiwa proklamasi, terjadi beebrapa peristiwa penting. Setiap peristiwa  besar yang terjadi sekitar proklamasi memiliki hubungan sebab akibat dan berdampak besar bagi proklmasi kemerdekaan Indonesia. Salah satunya adalah persitiwa pemanggilan tiga tokoh penting ke Dalat. Hubungan antara pemanggilan tiga tokoh penting dan peristiwa proklmasi kemerdekaan Indonesia adalah ….

A.    Akibat dari pemanggilan tiga tokoh penting ke Dalat memberikan pengaruh besar terhadap proklamasi kemerdekaan karena hal tersebut merupakan janji kemerdekaan dari Jepang

B.     Pemanggilan tiga tokoh penting ke Dalat memberikan makna yang besar bagi proklamasi karena Terauchi memberikan dukungan penuh terhadap proklamasi yaitu di tanggal 17 Agustus

C.     Janji kemerdekaan yang diberikan oleh Jepang dibicarakan di Dalat karena menjadi pusat Militer Asia Tenggara

D.    Tiga tokoh penting tersebut dipersiapakan oleh Jepang sebagai pemimpin yang akan menjadi prseiden nanti ketika Indoensia Merdeka

E.     Pemanggilan tiga tokoh tersebut dikarenakan golongan muda yang terus mendesak agar segera memproklamasikan kemerdekaan

7.      Dalam pertempuran Medan Area, rakyat dan tentara Indonesia berjuang melawan kekuatan Sekutu yang ingin mengembalikan kekuasaan Belanda. Perlawanan ini tidak hanya dilakukan oleh tentara, tetapi juga oleh masyarakat sipil, termasuk buruh dan pelajar.Makna  makna keterlibatan masyarakat sipil dalam perlawanan bersenjata seperti Medan Area adalah ….

A. Menunjukkan kurangnya kekuatan militer sehingga butuh bantuan rakyat.
B. Masyarakat sipil tidak mempercayai pemerintah Indonesia saat itu.
C. Masyarakat sipil memiliki senjata yang cukup untuk melawan.
D. Perlawanan menunjukkan bahwa semangat mempertahankan kemerdekaan menjadi milik seluruh rakyat.
E. Keterlibatan mereka menunjukkan ketidakdisiplinan dalam strategi militer.

8.      Dalam peristiwa Rengasdengklok dapat diketahui bahwa adanya perbedaan pendapat antara Sukarno-Hatta dan golongan muda, golongan pemuda mempunyai harapan agar Sukarno-Hatta segera merespon situasi yang terjadi saat itu. Penyebab di amankannya 2 tokoh tersebut sebagai wakil dari golongan tua  ke Rengasdengklok adalah ……

A.    Dua tokoh tersebut menganggap remeh kekuatan rakyat Indonesia melawan Jepang

B.     Tidak melibatkan kaum muda dalam rapat-rapat penting

C.     Menghendaki proklmasi diadakan dilakukan dalam wadah PPKI

D.    Menulis naskah proklmasi di rumah perwira Jepang

E.     Menginginkan proklamasi dilakukan secepat-cepatnya

9.      Pada tahun 1947 dan 1948, Belanda melancarkan agresi militer ke wilayah Indonesia. Meskipun secara persenjataan Indonesia kalah, namun semangat rakyat tetap tinggi. Di Yogyakarta, Soedirman memimpin perang gerilya yang membuat Belanda kesulitan menguasai wilayah secara menyeluruh.
Peran dari perang gerilya dalam mempertahankan eksistensi Republik Indonesia pasca Agresi Militer Belanda adalah ….

A. Perang gerilya membuktikan bahwa Belanda dapat dikalahkan dalam pertempuran frontal.
B. Perang gerilya membuat rakyat beralih mendukung Belanda.
C. Perang gerilya mempertahankan eksistensi Republik dengan menunjukkan bahwa Indonesia tetap ada meskipun pemerintah pusat dikuasai.
D. Perang gerilya bertujuan mengajak negara asing menjajah Indonesia lagi.
E. Perang gerilya hanya berfungsi sebagai latihan militer.

10.  Sambil menunggu penyerahan kekuasaan oleh Sekutu, Jepang diwajibkan menjaga status quo. Status quo adalah ….

A.    Jepang memastikan tidak akan bertahan di Indoensia

B.     Jepang membiarkan Indonesia dikuasi Belanda kembali

C.     Jepang wajib menjaga Indonesia tanpa mengeluarkan kebijakan sendiri

D.    Sekutu menjamin mengembalikan semua asset Jepang saat tiba di Indonesia

E.     Jepang berada dibawah status pengawasan ketat PBB

11.  Tiga tokoh penting yang dipanggil ke Dalat adalah ….

A.    Radijman Widyiodiningrat,Sukarno,Hatta

B.     Ahmad Subardjo,Hatta dan Sukarno

C.     Sukarno,Tan Malaka,Hatta

D.    Hatta,Tan Malaka, Radjiman Widyiodingrat

E.     Sukarno,Hatta,Panji Surosso

12.  Puncak kekalah Kekalahan Jepang adalah sejak jatuhnya Hirosima dan Nagaski setelah dijatuhkannya Little Boy milik AS. Jatuhnya kedua kota membuat Jepang menyerah tanpa syarat. Pernyataan yang sesuai dengan kota Hirosima-Nagasaki terkait dengan kekalahan Jepang adalah  ….

A.    Hirosima –Nagasaki menjadi memiliki penduduk paling banyak jika dibandingkan dengan kota-kota lain, hal ini menyebabkan Jepang merasa kehilangan generasi

B.     Hirosima – Nagasaki memiliki jumlah tenaga produkitif yang tinggi, sehingga menjadi pusat ekonomi Jepang

C.     Hiosima- Nagasaki menjadi pusat militer dan perekonomian Jepang sehingga Jepang merasa bahwa hancurnya dua kota tersebut maka hancurlah Jepang

D.    Hirosima – Nagasaki adalah tempat pelatihan Tentara Indonesia yang dipersiapakan untuk perang Pasifik

E.     Hirosima Nagasaki merupakan pusat pendidikan dengan jumlah jiwa yang tingga serta memiliki jumlah tenaga produktif yang banyak

13.  Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu, Belanda berupaya kembali menguasai Indonesia dengan membawa NICA. Sementara itu, Sekutu juga mengirimkan pasukan AFNEI ke wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
Kedatangan NICA memicu perlawanan rakyat Indonesia, sementara kedatangan AFNEI tidak langsung menimbulkan perlawanan serupa. alasan rakyat tidak melakukan perlawanan terhadap AFNEI adalah …..

A.    Karena AFNEI bertugas untuk mendukung kemerdekaan Indonesia

B.      Karena NICA membawa tentara Jepang untuk menyerang Indonesia

C.      Karena AFNEI bertugas melucuti senjata Jepang dan menjaga ketertiban

D.     Karena AFNEI diisi oleh tentara Belanda

E.     Karena NICA membantu distribusi logistik pasca-perang

14.   Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu, Indonesia mengalami kekosongan kekuasaan. SEAC kemudian ditugaskan mengelola kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
 alasan utama Inggris, melalui SEAC, membentuk AFNEI untuk dikirim ke Indonesia adalah ….

A.    Mengembalikan kekuasaan Jepang di Indonesia

B.     Membantu rakyat Indonesia membentuk pemerintahan

C.    Melaksanakan tugas Sekutu untuk melucuti tentara Jepang dan membebaskan tawanan

D.    Membantu Belanda mempercepat penjajahan di Indonesia

E.     Membentuk koloni baru di Asia Tenggara

15.  Sesudah berakhirnya perang Dunia II di wilayah Asia, Jepang akhirnya menyerah kepada sekutu. Sekutu sendiri mengeluarkan kebijakan khusus terkait kekuasaan Jepang di Indonesia yitu menerapkan atau memberlakukan sratus quo. Maksud dari status qou adalah …

A.    Jepang tetap mempertahankan wilayah kekuasaannya di Indoensia

B.     Mempertahankan keadaan Indonesia seperti apa adanya

C.     Status Jepang di Indonesia menunggu keputusan sekutu

D.    Indonesia dibebaskan untuk menentukan pilihan

E.     Seluruh pasukan Jepang harus kembali ke Jepang

16.  Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, berbagai wilayah di Tanah Air mengalami situasi yang tidak stabil akibat kedatangan kembali tentara Sekutu dan NICA (Belanda). Di Sumatera Utara, khususnya Kota Medan, terjadi perlawanan besar-besaran rakyat terhadap kekuatan militer asing yang berupaya merebut kembali kekuasaan dengan memanfaatkan bekas tawanan perang yang dibebaskan. Pertempuran sengit ini dikenal dengan sebutan Medan Area.Tokoh penting seperti Kolonel Ahmad Tahir dan pemuda-pemuda dari berbagai organisasi lokal ikut serta mempertahankan kemerdekaan. Mereka menyerukan agar rakyat bersatu untuk mengusir penjajah. Pusat pertempuran terjadi di sekitar markas-markas penting yang sebelumnya diduduki Jepang, lalu hendak dikuasai kembali oleh Belanda melalui NICA. latar belakang utama terjadinya pertempuran Medan Area setelah kemerdekaan Indonesia adalah ….

A.    Kedatangan tentara Jepang yang ingin merebut kembali kekuasaan di Medan

B.     Rencana pemerintah Indonesia untuk membentuk Republik Sumatera Utara

C.    Kedatangan tentara Sekutu dan NICA yang ingin mengembalikan kekuasaan Belanda di Indonesia

D.    Keinginan rakyat Medan untuk memisahkan diri dari Republik Indonesia

E.     Perselisihan antara kelompok pejuang lokal dengan tentara Jepang

17.  Setelah Agresi Militer II, Indonesia menunjukkan bahwa perlawanan tidak hanya dilakukan dengan senjata, tetapi juga dengan diplomasi.Bukti bahwa perjuangan diplomatik Indonesia tetap berlangsung meskipun terjadi Agresi Militer adalah ….

A.    Perundingan Roem-Royen tetap dilangsungkan dan menjadi jalan menuju pengakuan kedaulatan.

B.     Dilaksanaknnya perundingan Renville

C.      Indonesia hanya fokus pada perjuangan bersenjata.

D.    Indonesia memutus semua hubungan diplomatik.

E.     Indonesia  terus berlanjut melakukan perundingan Hooge Veluwe

18.  PBB ikut terlibat dalam konflik Indonesia–Belanda, termasuk melalui pembentukan Komisi Tiga Negara dan UNCI. Fungsi utama Komisi Tiga Negara (KTN) dan UNCI dalam konflik Indonesia–Belanda adalah

A. Menekan Indonesia DAN Belanda agar mengalah
B. Menjadi mediator dan menjembatani kesepakatan damai antara kedua belah pihak.
C. Sebagai Mediator dan mengontrol politik pemerintahan
D. Mengatur pembagian wilayah Indonesia.
E. Membentuk pemerintah Belanda di Indonesia.

19.  Dalam upaya kembali menguasai wilayah Indonesia Sekutu berupaya melalui beberapakebijakan agar rakyat Indonesia mudah untuk ditaklukan. Sepak terjang sekutu  di Indoenesia memicu perlawanan rakyat Indonesia yang dipelopori oleh pemuda. Respons awal sekutu mengahadapi perlawanan rakyat  Indonesia umumnya yaitu …

A.    Menyerukan genjatan senjata

B.     Melakukan aksi terror terhadapa rakyat kecil

C.     Melakukan serangan balik

D.    Mengultimatum agar menyerhakan senjata

E.     Mennagkap tokoh-tokoh pemuda yang menggerkaan perlawanan

20.  Dalam konferensi Meja Bundar yang dilaksanakan pada tahun 1949 secara resmi Belanda sudah terlebih dahulu menyetujui dan mengakui secara resmi proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus tahun 1945

SEBAB

Berbagai perundingan dan konferensi untuk memecahkan masalah-masalah Indonesia Belanda  tidak terlepas dari dukungan Negara-negara sahabat

A.    Kedua pernyataan benar dan mempunyai hubungan sebab akibat

B.     Kedua pernyataan benar tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat

C.     Pernyataan pertama benar kedua salah

D.    Pernyataan pertama salah dan kedua benar

E.     Kedua pernyataan salah

21.  Setelah diadakannya perundingan-perundingan di Indonesia, Beberapa pihak di dalam negeri tidak sepenuhnya mendukung hasil Perundingan Linggajati dan Renville dan bahkan dalam situasi yang pertahanan keamanan yang tidak baik, pemerintah harus berhadapan dengan konflik internal akibat dari perundingan tersebut. Alasan utama munculnya penolakan terhadap hasil perundingan tersebut oleh sebagian kelompok di Indonesia adalah …

A.    Perundingan dianggap terlalu memihak pemerintah

B.     Perjanjian-perjanjian tersebut dianggap merugikan Indonesia karena memberi keleluasaan kepada Belanda untuk tetap menguasai sebagian wilayah.

C.     Sebagian masayarkat masih menginkan Belanda untuk tetpa berada di Indoensia

D.     Karena Indonesia menolak berdamai dengan negara manapun.

E.     Karena Indonesia ingin dijajah oleh Jepang lagi.

22.  Diplomasi merupakan salah satu cara yang digunakan oleh Indoensia dalam memperjuagkan apa yang menjadi hak kita di masa setelah kemerdekaan, Melalui rangkaian perundingan, Indonesia belajar banyak tentang seni diplomasi.Pelajaran utama yang bisa diambil dari perjuangan diplomasi Indonesia dalam perundingan kemerdekaan adalah

A.    Diplomasi harus dihindari dalam perjuangan kemerdekaan.

B.     Diplomasi adalah alat penting yang harus diselaraskan dengan perjuangan bersenjata untuk meraih tujuan kemerdekaan.

C.      Perundingan harus mendapatkan keuntungan untuk kemerdekaan

D.     Perundingan harus membuahkan hasil yang memperhatikan rakyat kecil

E.     Diplomasi hanya berguna setelah kemerdekaan diraih.

23.  Setelah Indonesia merdeka, bangsa Indonesia mengalami berbagai tantangan tersendiri yang mana salah satunya adalah kedataangan sekutu dan Indonesia sendiri hanya menggunakan satu cara dalam upaya mempertahankan kemerdekaan

SEBAB

Para tokoh bangsa dan juga masyarakat dari berbagai golongan menganggap dengan mengangkat senjata atau  berperang melanggar Hak asasi manusia

A.    Kedua pernyataan benar dan mempunyai hubungan sebab akibat

B.     Kedua pernyataan benar tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat

C.     Pernyataan pertama benar kedua salah

D.    Pernyataan pertama salah dan kedua benar

E.     Kedua pernyataan salah

 

24.  Belanda mengutus NICA untuk kembali menguasai Indoenesia dengan memboncengi sekutu karena angkatan senjata milik mereka telah dihancurkan oleh Jepang

SEBAB

Salah satu tujuan Jepang menduduki wilayah Indonesia dalam rangka melemahkan kekuatan sekutu dalam perang Pasifik

A.    Kedua pernyataan benar dan mempunyai hubungan sebab akibat

B.     Kedua pernyataan benar tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat

C.     Pernyataan pertama benar kedua salah

D.    Pernyataan pertama salah dan kedua benar

E.     Kedua pernyataan salah

 

25.  Salah satu misi utama AFNEI di Indonesia adalah mengembalikan kedaulatan kepada Belanda

SEBAB

              Belanda, Perancis,Inggris Amerika Serikat merupakan sekutu dalam perang Pasifik

A.    Kedua pernyataan benar dan mempunyai hubungan sebab akibat

B.     Kedua pernyataan benar tetapi tidk mempunyai hubungan sebab akibat

C.     Pernyataan pertama benar kedua salah

D.    Pernyataan pertama salah dan kedua benar

E.     Kedua pernyataan salah

26.  Pembumihangusan kota Bandung pada 23 Maret  1946 dilakukan Inggris sebagai hukuman terhadap TKR yang menghambat sekutu untuk membangun markas di Bandung

SEBAB

Bagi sekutu, pendudukan Bandung sangat strategis untuk menghancurkan kanotng-kantong TKR di seluruh pulau Jawa

A.    Kedua pernyataan benar dan mempunyai hubungan sebab akibat

B.     Kedua pernyataan benar tetapi tidk mempunyai hubungan sebab akibat

C.     Pernyataan pertama benar kedua salah

D.    Pernyataan pertama salah dan kedua benar

E.     Kedua pernyataan salah

27.  Badan Keamanan Rakyat atau BKR dibentuk dalam rangka menghadapi kekuatan sekutu yang merongrong kedaulatan Indonesia

SEBAB

Badan ini kemudian diganti menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) melalui maklumat presiden Sukarno pada 5 Oktober 1945

A.    Kedua pernyataan benar dan mempunyai hubungan sebab akibat

B.     Kedua pernyataan benar tetapi tidk mempunyai hubungan sebab akibat

C.     Pernyataan pertama benar kedua salah

D.    Pernyataan pertama salah dan kedua benar

E.     Kedua pernyataan salah

28.  Pada 20 November 1945, konflik pecah di Ambarawa ketika pasukan Sekutu menyerang Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Jenderal Soedirman, yang saat itu masih berpangkat Kolonel, memimpin langsung pertempuran. Setelah melalui strategi pengepungan dan taktik perang gerilya, TKR berhasil memukul mundur pasukan Sekutu. Kemenangan ini kemudian dikenang sebagai Palagan Ambarawa dan menjadi salah satu simbol penting perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Dari peristiwa Palagan Ambarawa, pelajaran strategis  yang dapat diambil dalam konteks mempertahankan kedaulatan negara saat menghadapi ancaman asing adalah …..

A.    Pentingnya mengandalkan kekuatan pasukan asing untuk menjaga keamanan nasional

B.      Kebutuhan untuk selalu membuka dialog dengan semua pihak asing yang datang

C.     Peran tokoh luar negeri dalam menjaga stabilitas nasional

D.     Kesiapan militer dan semangat juang rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan sangat krusial

E.     Upaya diplomatik harus dihindari dan digantikan dengan kekuatan militer sepenuhnya

29.  Maret 1946, situasi memanas ketika pasukan Sekutu memberikan ultimatum agar seluruh penduduk Bandung Selatan mengosongkan wilayah tersebut.Dihadapkan pada pilihan sulit antara menyerahkan wilayah tanpa perlawanan atau mempertahankannya dengan risiko korban besar, para pejuang Indonesia memilih strategi yang tidak biasa. Dipimpin oleh Kolonel A.H. Nasution, mereka membakar kota Bandung bagian selatan agar tidak jatuh ke tangan musuh. Peristiwa ini dikenang sebagai Bandung Lautan Api, simbol pengorbanan demi menjaga harga diri dan kemerdekaan bangsa. Makna strategis dari keputusan para pejuang untuk membumihanguskan Bandung Selatan dalam konteks mempertahankan kemerdekaan adalah …..

A.    Untuk menunjukkan kekuatan militer Indonesia kepada dunia internasional

B.     Agar Belanda dan Sekutu dapat menggunakan fasilitas kota untuk operasi mereka

C.    Sebagai taktik agar musuh tidak bisa memanfaatkan wilayah strategis yang telah dikuasai sebelumnya

D.     Supaya rakyat takut kepada pemerintah Indonesia yang berani

E.     Untuk membuka jalan bagi diplomasi antara Indonesia dan Belanda

30.  Ketika kita   membaca kutipan pidato peringatan Hari Pahlawan yang berbunyi:
"Kita mengenang I Gusti Ngurah Rai bukan hanya karena ia gugur di medan perang, tetapi karena ia memilih untuk berkorban daripada tunduk pada penjajahan."

 Makna utama dari kutipan tersebut adalah ….

A.    Pahlawan dikenang hanya karena gugur dalam perang

B.     Pengorbanan lebih penting daripada kemenangan

C.    Kepahlawanan dinilai dari kemampuan berdiplomasi

D.    Ketundukan pada penjajah merupakan strategi cerdas

E.     Keberanian fisik lebih penting daripada strategi militer

31.   Raymond Westerling dikenal di Sulawesi Selatan karena kekejamannya. Di sisi lain, pada waktu yang hampir sama, Letjen Sudirman memimpin gerilya dengan prinsip menjunjung kemanusiaan. Ia pernah melarang anak buahnya menyerang tentara Belanda yang sedang merawat orang sakit. Dari perbandingan dua tokoh tersebut, apa nilai utama yang membedakan pendekatan mereka dalam konflik?

A.    Strategi militer dan kekuatan senjata.

B.     Dukungan internasional dan logistik.

C.     Kepemimpinan yang mengutamakan moralitas dan kemanusiaan.

D.    Pemahaman terhadap medan perang yang unggul.

E.     Kemampuan diplomasi dan jaringan spionase.

32.  Tahun 1946, Sulawesi Selatan menjadi daerah yang tidak aman. Rakyat merasa cemas akan keberadaan pasukan Belanda, terutama setelah mendengar berita tentang tindakan represif dari Kapten Raymond Westerling. Ia memimpin pasukan khusus Depot Speciale Troepen (DST) untuk meredam pemberontakan lokal yang dianggap mengancam kepentingan Belanda.Westerling melancarkan aksi militer dengan cara yang brutal: eksekusi tanpa pengadilan, penyisiran desa-desa, dan intimidasi terhadap warga. Dalam kurun waktu singkat, ribuan orang menjadi korban. Meski banyak bukti ditemukan, Westerling tidak pernah diadili, dan pulang ke negaranya dengan perlindungan dari pemerintah Belanda. Tindakan Westerling dapat dikategorikan sebagai pelanggaran berat terhadap HAM. Namun alasan  pemerintah Belanda saat itu tidak mengambil tindakan hukum terhadapnya adalah ….

A.    Karena Westerling bertindak atas dasar kepentingan ekonomi pemerintah Belanda.

B.     Karena tidak cukup bukti untuk menghukumnya di pengadilan.

C.    Karena sistem hukum Belanda belum mengenal kejahatan HAM.

D.    Karena Belanda ingin melindungi citra dan legitimasi militernya.

E.     Karena Indonesia tidak memiliki wewenang untuk menuntut kejahatan perang.

34.  Banyak tokoh nasional seperti Tan Malaka dan kelompok Persatuan Perjuangan menolak Perjanjian Linggarjati. Mereka menganggap Sutan Sjahrir terlalu lunak dan telah “menjual” kemerdekaan kepada Belanda. Namun, Sjahrir berdalih bahwa mempertahankan kemerdekaan bukan hanya lewat senjata, tetapi juga dengan diplomasi cerdas.
Dari sudut pandang kepemimpinan strategis, langkah Sutan Sjahrir dalam menyetujui perjanjian tersebut mencerminkan....

A. Kepemimpinan pasif yang tidak berani ambil risiko.
B. Kepemimpinan yang tunduk pada tekanan Belanda.
C. Kepemimpinan visioner yang memilih langkah diplomatik untuk tujuan jangka panjang.
D. Kepemimpinan pragmatis yang mengabaikan cita-cita kemerdekaan.
E. Kepemimpinan kompromistis yang menuruti tekanan rakyat.

35.  Salah satu pasal penting dalam Perjanjian Linggarjati adalah kesepakatan bahwa Indonesia dan Belanda akan bekerja sama membentuk “Republik Indonesia Serikat (RIS)” dan menjadi bagian dari uni Belanda–Indonesia dengan ratu Belanda sebagai kepala simbolik.
Beberapa pihak menilai ini sebagai bentuk kompromi yang berbahaya, karena berpotensi memperkuat kontrol Belanda atas pemerintahan Indonesia.
Jika skenario RIS dan uni Belanda–Indonesia benar-benar terealisasi, apa kemungkinan dampak negatifnya terhadap kedaulatan Indonesia?

A. Indonesia akan menjadi bagian dari kerajaan Belanda sepenuhnya.
B. Indonesia akan kehilangan hak mengelola sumber daya alamnya.
C. Indonesia akan terpecah menjadi negara-negara bagian yang mudah dikendalikan Belanda.
D. Indonesia akan dikendalikan langsung oleh tentara Belanda.
E. Indonesia tidak bisa menetapkan hukum sendiri

36. Perjanjian Renville membawa dampak besar bagi Republik Indonesia. Banyak wilayah yang sebelumnya dikuasai Indonesia harus diserahkan kepada Belanda. Ini menyebabkan kekecewaan luas, termasuk dari kalangan militer dan politisi. Pemerintah Amir Sjarifuddin yang menandatangani perjanjian tersebut akhirnya kehilangan kepercayaan dan dijatuhkan.
Dari perspektif kepemimpinan politik, kesalahan terbesar Amir Sjarifuddin dalam menghadapi situasi pasca-Perjanjian Renville adalah ….

A. Ia terlalu optimis pada kekuatan militer Indonesia.
B. Ia mengabaikan tekanan iplomatic dari Inggris.
C. Ia menandatangani perjanjian tanpa mempertimbangkan kondisi internal bangsa.
D. Ia membubarkan tentara tanpa restu parlemen.
E. Ia gagal menyusun strategi ekonomi pascaperjanjian.

37. Amerika Serikat memainkan peran penting dalam menekan Belanda agar kembali berunding dengan Indonesia. Saat itu, AS mulai memperhatikan stabilitas politik Asia Tenggara karena kekhawatiran akan pengaruh komunisme. Oleh karena itu, AS mendorong penyelesaian damai antara Indonesia dan Belanda melalui perjanjian Roem-Roijen.
Motivasi utama Amerika Serikat dalam mendorong terjadinya Perjanjian Roem-Roijen  adalah

A. Menjaga stabilitas politik di Indonesia agar tidak jatuh ke tangan komunis.
B. Menolong Belanda mempertahankan koloni Asia.
C. Mengakhiri dominasi Inggris atas Asia Tenggara.
D. Memberi bantuan ekonomi pada Indonesia.
E. Menjadi penengah dalam semua konflik kolonial.

38.  Pada 21 Juli 1947, Belanda melancarkan serangan militer terhadap wilayah Republik Indonesia dengan dalih bahwa Republik telah melanggar Perjanjian Linggarjati. Agresi militer ini dikenal dengan sebutan Politionele Actie atau Tindakan Polisi. Serangan ini mengejutkan Indonesia dan masyarakat internasional karena sebelumnya upaya damai masih berlangsung. Dalam waktu singkat, pasukan Belanda berhasil merebut wilayah strategis seperti Sumatera Timur dan Jawa Barat.
Motivasi utama Belanda melancarkan Agresi Militer I terhadap Republik Indonesia adalah …

A. Ingin menghentikan pengaruh komunis di wilayah Indonesia.
B. Mencoba menegakkan ketertiban sipil di wilayah Indonesia.
C. Berusaha menguasai kembali wilayah jajahan yang kaya sumber daya.
D. Menjalankan misi kemanusiaan untuk rakyat Indonesia.
E. Membantu rakyat Indonesia melawan milisi bersenjata.

39. Agresi Militer I menunjukkan bahwa kekuatan militer Indonesia masih terbatas dalam menghadapi pasukan Belanda yang lebih modern dan terorganisir. Namun, Indonesia memiliki keunggulan dalam diplomasi, termasuk dukungan negara-negara seperti India dan Australia. Keberhasilan diplomasi ini menjadi jalan bagi dilanjutkannya perundingan yang menghasilkan Perjanjian Renville.
Berdasarkan peristiwa tersebut, strategi  yang lebih efektif bagi Indonesia dalam menghadapi Agresi Militer I adalah ….

A. Strategi militer murni untuk mempertahankan wilayah.
B. Strategi diplomasi untuk menggalang dukungan internasional.
C. Strategi kooptasi terhadap pasukan Belanda.
D. Strategi isolasi total terhadap dunia luar.
E. Strategi kooptasi wilayah-wilayah pengaruh Belanda.

40.  Jika  kamu adalah seorang jurnalis asing yang berada di Yogyakarta pada 19 Desember 1948. Kamu menyaksikan pasukan Belanda mendarat dan menawan pemimpin Republik Indonesia. Sebagai jurnalis yang netral, kamu menuliskan bahwa topic berita dengan dengan judul “Pemerintah Republik jatuh, tetapi perlawanan rakyat tidak berhenti.” Pernyataan tersebut memberikan menggambarkan bahwa...

A.    Pemerintahan Indonesia kehilangan legitimasi setelah ditawan

B.     Penangkapan pemimpin Indonesia berarti akhir dari perjuangan

C.     Rakyat Indonesia tidak mengetahui kejatuhan pemerintah

D.    Perlawanan rakyat lebih mengakar daripada hanya bergantung pada tokoh

E.      Pasukan Belanda berhasil menguasai seluruh Indonesia

41. Setelah terjadinya Agresi Militer Belanda yang ke II para tokoh- tokoh penting ditangkap dang diasingkan termasuk presiden dan wakil presiden. Jika Indonesia tidak membentuk PDRI saat Agresi Militer II, kemungkinan besar yang terjadi adalah...

A. Belanda gagal meyakinkan dunia bahwa RI sudah tidak ada
B. PBB tetap mendukung perjuangan RI
C. Dunia menganggap RI benar-benar telah runtuh dan Belanda sah berkuasa
D. Rakyat akan membentuk pemerintahan baru
E. Pemimpin RI akan ditangkap lebih cepat

42. Bayangkan kamu mengikuti Konferensi Meja Bundar (KMB) setelah Agresi Militer II, yang menjadi fokus utama delegasi Indonesia terhadap urgensi yang terjadi pada waktu itu agar pengorbanan selama agresi tidak sia-sia adalah …..

A. Menuntut kompensasi materi
B. Menuntut pengakuan kedaulatan penuh tanpa syarat
C. Menuntut posisi dalam parlemen Belanda
D. Menyalahkan Belanda atas semua konflik
E. Menawarkan wilayah untuk damai

43. Setelah peristiwa Bandung Lautan Api, banyak tokoh nasional dan internasional mengamati betapa besar semangat dan keberanian rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaannya. Salah satu tokoh yang terkenal dalam peristiwa ini adalah Muhammad Toha, yang melakukan aksi heroik meledakkan gudang mesiu milik musuh.Aksi heroik Muhammad Toha dalam meledakkan gudang mesiu musuh menunjukkan karakter kepahlawanan yang didasarkan pada...

A. Perintah militer dari atasan secara resmi
B. Keinginan untuk dikenal sebagai pahlawan
C. Kesadaran akan pentingnya diplomasi dengan Sekutu
D. Semangat pengorbanan dan keberanian melawan penjajahan
E. Kepatuhan terhadap strategi perthahanan

44. Letnan Kolonel Soedirman memimpin langsung pertempuran di Ambarawa. Strategi serangan melingkar (supit urang) yang digunakan berhasil memukul mundur pasukan Sekutu. Keberhasilan ini meningkatkan semangat juang rakyat dan menjadi inspirasi perjuangan di daerah lain. Strategi "supit urang" dalam Pertempuran Ambarawa menunjukkan kemampuan Letkol Soedirman dalam...

A. Meminta bantuan pasukan seluruh Nusantara untuk melawan Sekutu
B. Melancarkan serangan frontal dari satu arah
C. Mengatur pertahanan secara pasif dan bertahan
D. Menyusun siasat pengepungan dari berbagai arah secara taktis
E. Memprovokasi musuh agar meninggalkan wilayah dengan damai

45. Pertempuran Ambarawa menjadi simbol perlawanan rakyat Indonesia terhadap upaya penjajahan kembali oleh Belanda dan Sekutu. Pemerintah Indonesia pun menetapkan 15 Desember sebagai Hari Infanteri untuk mengenang kemenangan di Ambarawa.Penetapan Hari Infanteri berkaitan dengan pertempuran Ambarawa menunjukkan bahwa...

A. Pertempuran ini merupakan konflik paling berdarah dalam sejarah Indonesia
B. Peristiwa ini hanya melibatkan pasukan infanteri dari luar negeri
C. Infanteri adalah kekuatan utama dalam mempertahankan kemerdekaan
D. Infanteri merupakan bagian dari pasukan Sekutu yang kalah
E. Infanteri diakui oleh Belanda sebagai musuh utama

46. Dalam pertempuran Ambarawa, meski kalah jumlah dan persenjataan, pasukan TKR dan rakyat tetap melawan pasukan Sekutu yang lebih modern. Dukungan masyarakat menjadi salah satu kunci keberhasilan perlawanan tersebut. Pelajaran penting yang dapat diambil dari keberhasilan TKR dalam Pertempuran Ambarawa adalah …

A. Keunggulan senjata menjadi penentu utama kemenangan perang
B. Semangat juang dan persatuan rakyat dapat mengalahkan kekuatan militer modern
C. Perang sebaiknya dihindari untuk menjaga stabilitas ekonomi
D. Bantuan dari negara lain sangat penting dalam memenangkan perang
E. Diplomasi lebih efektif daripada perlawanan fisik

47. Dalam KMB, Republik Indonesia diakui sebagai bagian dari Republik Indonesia Serikat (RIS), yang merupakan bentuk negara federal. Sistem ini diusulkan oleh Belanda dan sempat diterapkan selama beberapa bulan sebelum Indonesia kembali ke bentuk negara kesatuan. Alasan utama Indonesia akhirnya membubarkan bentuk negara federal (RIS) yang disepakati dalam KMB adalah…

A. Tidak adanya dukungan dari negara-negara lain
B. Keinginan untuk mendapatkan bantuan ekonomi dari Amerika Serikat
C. Adanya desakan rakyat dan daerah untuk kembali ke bentuk negara kesatuan
D. Ketidakmampuan RIS dalam menjalankan pemerintahan pusat
E. Rencana diplomatik Belanda untuk menjatuhkan Soekarno

48. Konferensi Meja Bundar (KMB) berlangsung di Den Haag, Belanda, dari 23 Agustus hingga 2 November 1949. Konferensi ini melibatkan tiga pihak: delegasi Republik Indonesia, BFO (Bijeenkomst voor Federaal Overleg – perwakilan negara-negara federal bentukan Belanda), dan Belanda. Salah satu hasil penting KMB adalah pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda, kecuali wilayah Irian Barat yang masih menjadi sengketa. Alasan utama wilayah Irian Barat tidak langsung diserahkan kepada Republik Indonesia dalam hasil KMB adalah …..

A. Belanda menilai Irian Barat tidak memiliki nilai ekonomi
B. Belanda ingin mempertahankan pengaruh kolonialnya di kawasan Pasifik
C. Indonesia tidak menganggap Irian Barat sebagai bagian dari wilayahnya
D. Irian Barat telah menjadi wilayah mandiri sebelum KMB
E. PBB menolak permintaan Indonesia terkait Irian Barat

49. Christina Martha Tiahahu lahir pada 4 Januari 1800 di Nusa Laut, Maluku. Sejak usia muda, ia ikut dalam perlawanan terhadap Belanda bersama ayahnya, Kapitan Paulus Tiahahu. Christina dikenal gigih dan berani dalam medan pertempuran, meskipun masih remaja.Nilai utama yang dapat diteladani dari perjuangan Christina Martha Tiahahu adalah

A. Keinginan untuk menjadi pemimpin perempuan pertama yang tangguh
B. Semangat muda yang diarahkan untuk kepentingan politik pribadi
C. Keberanian menghadapi penindasan meski dalam usia yang sangat muda
D. Kepatuhan penuh pada perintah demi menghindari konflik
E. Keinginan untuk mendapatkan bantuan luar negeri dalam perang

50. Christina Martha Tiahahu tidak hanya menjadi simbol perlawanan bagi rakyat Maluku, tetapi juga menjadi ikon keberanian perempuan Indonesia dalam perjuangan nasional. Ia diangkat sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1969.Makna penting dari penetapan Christina Martha Tiahahu sebagai Pahlawan Nasional bagi generasi muda Indonesia adalah ….

A. Menunjukkan bahwa  perempuan dari wilayah timur adalah permepuan yang tangguh
B. Menegaskan bahwa perjuangan melawan penjajah hanya dilakukan oleh orang-orang yang berani
C. Menginspirasi generasi muda untuk ikut menjaga semangat perjuangan dan cinta tanah air
D. Menandakan bahwa perjuangan fisik lebih penting daripada pendidikan
E. Menyatakan bahwa semua pahlawan harus gugur muda

51.Hanya ada satu cara yang ditempuh para tokoh bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan pasca proklmasi yaitu Diplomasi

SEBAB

Para tokoh bangsa menganggap perjuangan dengan senjata melawan hak asasi manusia

A.    Kedua pernyataan benar dan mempunyai hubungan sebab akibat

B.     Kedua pernyataan benar tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat

C.     Pernyataan pertama benar kedua salah

D.    Pernyataan pertama salah dan kedua benar

E.     Kedua pernyataan salah

52. Belanda melalui NICA membonceng Sekutu untuk menguasai kembali Indonesia dalam rangka melemahkan kekuatan Sekutu dalam perang Asia Timur Raya

                                                SEBAB

Jepang menduduki Indonesia dalam rangka melemahkan kekuatan Sekutu dalam perang Asia Timur raya

 

A.    Kedua pernyataan benar dan mempunyai hubungan sebab akibat

B.     Kedua pernyataan benar tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat

C.     Pernyataan pertama benar kedua salah

D.    Pernyataan pertama salah dan kedua benar

E.     Kedua pernyataan salah

53. Dari beberapa aksinya di beberapa tempat, Sekutu tampak menganggap remeh kekuatan Tentara Nasioanal Indonesia

SEBAB

Pasca penyerangan terhadap sasaran-sasaran Sekutu, TKR  dan pemuda selalu ultimatum yang sama yaitu meletakan senjata, yang mengisyaratakan bahwa Sekutu akan menimbulkan banyak korban jiwa pada masayarakat Indonesia

A.    Kedua pernyataan benar dan mempunyai hubungan sebab akibat

B.     Kedua pernyataan benar tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat

C.     Pernyataan pertama benar kedua salah

D.    Pernyataan pertama salah dan kedua benar

E.     Kedua pernyataan salah

54. Salah satu misi utama AFNEI  di Indoensia adalah mengembalikan kedaulatan Belanda

SEBAB

Belanda, Perancis,Inggris,dan Amerika Serikat merupakan Sekutu dalam Perang Pasifik

A.    Kedua pernyataan benar dan mempunyai hubungan sebab akibat

B.     Kedua pernyataan benar tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat

C.     Pernyataan pertama benar kedua salah

D.    Pernyataan pertama salah dan kedua benar

E.     Kedua pernyataan salah

55. AFNEI  membebaskan tawanan perang Belanda dan Eropa

SEBAB

Sebagian tawanan merupakan anggota KNIL asal Belanda  dan tersebar di berbagai kota di Indonesia

A.    Kedua pernyataan benar dan mempunyai hubungan sebab akibat

B.     Kedua pernyataan benar tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat

C.     Pernyataan pertama benar kedua salah

D.    Pernyataan pertama salah dan kedua benar

E.     Kedua pernyataan salah

 

56. Inggris melancarkan serangan besar-besaran dari darat laut dan udara di Surabaya pada 10 November 1945

SEBAB

Serangan besar dipicu oleh penolakan TKR dan pemuda menyerahkan senjata telah mereka rampas dari tangan Jepang

57. Pertempuran Margarana dipicu oleh pennagkapan I Gusti Ngurah Rai yang tidak ingin Bali bergabung dalam NIT

SEBAB

Dalam Perundingan Linggajati menjadi salah satu alasan mosi tidak percaya KNIP terhadap perdana menteri Sutan Syarir

58. Dalam menengahi konflik antara Indonesia, PBB sebagai organisasi internasioanl melakukan hal-hal berikut kecuali ….

A.    Mengirimkan pasukan perdamaian ke Indonesia

B.     Mendesak Belanda menarik kembali pasukannya

C.     Menyerukan gencatana senjata

D.    Memprakarasi perjanjian Renville

E.     Membentuk Komisi Tiga Negara

59. Alasan utam pembentukan Pemerintahan Darurat Republik Indoensia /PDRI yang berkedudukan di Bukittinggi Sumatera Barat adalah ….

A.    Menyelamatkan cabinet yang memerintah saat itu

B.     Sebagai pemerintah Bayangan karena para pemimpin Indonesia diasingkan Belanda

C.     Mengelabui Belanda agar tidak menyerang pusat pemerintahan di Yogyakarta

D.    Yogyakarta dinilai tidak aman untuk menjadi pusat pemerintahan Indoensia

E.     Mengisyaratkan bahwa basis perjuangan militer adalah Bukittinggi

60. Arti Penting Konferensi Meja Bundar bagi bangsa Indonesia adalah ….

A.    Tanda Belanda menyerah ingin menguasai Indoensia

B.     Belanda mengakui kedaulatan Indoensia

C.     Indonesia hebat dalam jalur diplomasi

D.    Indoensia terbebas dari beban utang

E.     Indonesia mendapatkan Irian Barat

61. Informasi berikut yang tidak termasuk dalam pertempuran Ambarawa adalah …

A.    Kedatangan Sekutu disambut baik oleh Mr.Wongsonegoro selaku Gubernur Jawa Tengah

B.     Konflik bersenjata dipicu oleh tindakan NICA yang mempersenjatai para bekas tawanan

C.     Salah satu butir dari 12 kesepkatan antara Indonesia Sekutu adalah menarik seluruh pasukan dari Magelang

D.    Letann Kolonel Isdiman gugur dalam pertempuran dan posisinya digantikan oleh atasnnya langsung colonel Sudirman

E.     Pasukan Indoensia menggunakan taktik gelar Supit Urang

62. Informasi berikut yang tidak tepat terkait pertempuran antara TKR dan pasukan Sekutu di Surabaya adalah ….

A.    Dunia internasional tidak peduli

B.     Dipimpin langsung oleh Bung Tomo

C.     Bermula dari insiden di dekat Jembatan Merah

D.    Sukarno mendesak intervensi dunia Internasional

E.     Gencatan senjata tidak diharagi kedua bela pihak

63. Salah satu upaya memperkuat perlawanan terhadap Sekutu di Sulwesi Selatan adalah keluarnya petisi yang diprakarasi oleh Dr.Sam Ratulangi. Petisi ini berisi ….

A.    Seruan kepala Sekutu untuk menyingkir dari wilayah Sulawesi Selatan

B.     Seruan kepada seluruh rakyat Sulawesi untuk mengangkat senjata

C.     Seruan kepada Sekutu untuk menyingkir dari wilayah Indonesia

D.    Dukungan rakyat Sulwesi terhadap kemerdekaan dari wilayah Indonesia

E.     Dukungan moral rakyat Sulawesi terhadap TKR

64. Peristiwa Bandung Lautan Api adalah salah satu perisitwa yang membuminhanguskan kota Bandung agar tidak dikuasai oleh Sekutu. Langkah selanjutnya seletalh pembumihangusan kota Bandung adalah …

A.    Mengulitmatum sekutu dan menyingkir dari Bandung

B.     Menyerang Markas Sekutu di bagian Utara

C.     Membakar gudang amunisi tentara sekutu

D.    Mengevakuasi penduduk kota Banding

E.     Membakar seluruh kota Bandung

65. Tugas Utama Raymond Westerling adalah mengahdapi perlawanan rakyat Sulwesi Selatan, terutama mereka yang …..

A.    Tidak menyetujui hasil perundingan Linggajati

B.     Menentang dan mengahalangi tugas tentara sekutu

C.     Setia kepada pemerintahan RIS

D.    Menentang pembentukan NIT

E.     Melucuti dan merampas persenjataan tentara Jepang

66.Perjuangan para tokoh daerah dan Nasional di Indoensia dilakukan dengan tujuan ….

A.    Mengusir penjajah dari wilayah Indonesia karena sudah tidak bisa mengelolanya

B.     Melakukan kerja sama dengan negara asing di luar Belanda dan Jepang

C.     Mencapai kemerdekaan dengan hasil perjuangan bangsa sendiri

D.    Menunjukan kapastitas dirinya agar dianggap sebagai pahlawan

E.     Memperkenlakan bentuk-bentuk perlawnaan daerah

67. Peran Sultan Ageng Tirtayasa dalam mempertahankan Kesultanan Banten adalah ….

A.    Sebagai wakil Indonesia dalam perjanjian Renville

B.     Bereprang secara gerylia pada saat agresi Militer II

C.     Presiden Pemerintahan Darurat Republim Indonesia

D.    Penentu batas wilayah antara Negara Indoensia Timur dan RI

E.     Membangun istana  dengan nama istana Tirtayasa

68. Latar Belakang konflik antara Sultan Ageng Tirtayasa dan Sultan Haji adalah ….

A.    Sultan Haji menolak kerja sama dengan pihak Belanda

B.     Sultan Ageng tidak mau membangun benteng di istana Surasowan

C.     Sultan Haji membiarkan Belanda ikut campur dalam urusan kerajaan

D.    Keinginan Belanda untuk menjadikan Sultan Haji penguasa di pulau Jawa

E.     Sultan Ageng Tirtayasa tidak senang jika Sultan Haji menjadi penguasa

   69. Salah satu perang besar yang pernah terjadi antara rakyat Indonesia dan Belanda yaitu perang Diponegoro. Adapun sebab khusus terjaidnya perang ini, yaitu ….

A.    Jalan dibagung pemerintah Belanda melewati kediaman Ponegoro

B.     Makam leluhir Diponegoro di[indahkan tanpa seijin Diponegoro

C.     Patok- patok ja;an ditaruh di atas makam leluhur  Dipnegoro

D.    Tempat tinggal Diponegoro dihancurkan untuk pemabngunan jalan

E.     Patok –patok jalan didirikan tanpa seijin Diponegoro

70. Latar Belakang utama perlawanan berbagai kerajaan yang ada di Bali tahun 1846. 1848, dan 1849  yaitu ….

A.    Raja-raja Bali menyatakan bahwa mereka ingin merdeka dari Belanda

B.     Belanda tidak menghormati hukum adat yang berlaku di Bali

C.     Raja-raka di Bali menyerang pos pertahanan yang dimlikioleh Belanda

D.    Belanda memandang rendah adat istiadat yang berlaku di Bali

E.     Belanda imgin menguasai deerah Bali

 

 

Uraian

1.      Analisislah bagaimana semangat nasionalisme rakyat Indonesia tercermin dalam Pertempuran Surabaya 10 November 1945. Apakah tindakan perlawanan tersebut efektif dalam membangkitkan semangat perjuangan di daerah lain? Jelaskan.

2.      Bandingkan latar belakang dan dampak jangka panjang dari Pertempuran Medan Area dan Bandung Lautan Api.
Bagaimana kedua peristiwa ini memengaruhi persepsi dunia internasional terhadap kemerdekaan Indonesia?

3.      Perjanjian Linggarjati dianggap sebagai salah satu bentuk diplomasi Indonesia yang penting. Menurut Anda, apakah keputusan Indonesia menerima perjanjian ini merupakan strategi jangka panjang atau bentuk kompromi yang terpaksa dilakukan? Jelaskan alasan Anda dengan mengaitkan konteks saat itu.

4.      Pertempuran Surabaya sering disebut sebagai pertempuran terbesar dan tersengit dalam sejarah revolusi fisik Indonesia.
Jelaskan faktor-faktor yang membuat pertempuran ini sangat menentukan dalam mempertahankan kemerdekaan, dan bagaimana dampaknya terhadap solidaritas nasional!

5.      Setelah disepakati perjanjian Linggajati oleh pihak Belanda dan Indonesia, selanjutnya adalah situasi Indonesia yang mengalami Agresi Militer Belanda l yang dilakukan oleh Belanda terhadap Indonesia. Bagaimana hubungan antara Agresi Militer Belanda 1,Komisi Tiga Negara dan Perjanjian Renvile

6.      Pemberontakan Medan Arean merupakan salah satu pemberontakan yang terjdi di Sumatera Utara yang terjadi  akibat dari kebijakaan sepihak dan juga beberapa penyeba lainnya. Bagaimana kronologi Proses terjadinya pemberontakan Medan Area ?

7.      Konferensi Meja Bundar (KMB) menghasilkan pengakuan kedaulatan Indonesia, tetapi juga menyisakan kontroversi.
Analisislah salah satu poin kontroversial hasil KMB dan berikan pendapat kritis Anda tentang bagaimana seharusnya Indonesia bersikap

8.      Setelah terjadinya berbagai pertempuran, Indonesia juga harus berhadapan dengan tekanan internasional.
Evaluasilah peran negara asing (seperti Inggris, Amerika Serikat, dan India) dalam proses diplomasi yang membawa Indonesia ke pengakuan kedaulatan.

9.      Mengapa Konferensi Meja Bundar dapat dijadikan sebagai puncak dari perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan ?

10.  Meskipun berjuang melalui tulisan, Tirto Adhi Soerjo mengalami tekanan berat dari pemerintah kolonial, termasuk pelarangan media dan pengasingan. Tulisannya juga memberikan andil besar dalam perjuangan kemerdekaan. Namanya sempat terlupakan dalam sejarah, baru diakui sebagai Pahlawan Nasional puluhan tahun setelah wafat. Menurutmu, mengapa tokoh seperti Tirto Adhi Soerjo kurang dikenal dibandingkan pahlawan perang? Apakah bentuk perjuangannya memiliki nilai yang setara? Berikan penilaianmu secara objektif dengan argumen kuat.

11.  Deskripsikan  sebanyak 2 paragaraf salah 1 pahlawan yang anda ketahui kecuali Sukarno dan Hatta

12.  Konferensi Meja Bundar (KMB) dianggap sebagai puncak perjuangan diplomatik Indonesia.
Namun, banyak pihak menyayangkan adanya bentuk negara serikat (RIS) sebagai hasilnya. Jelaskan mengapa bentuk ini menimbulkan perdebatan dan bagaimana akhirnya Indonesia menjadi negara kesatuan kembali.

13.  Mengapa perjanjian Linggajati berdampak pada lengsernya Sutan Syarir dari kursi perdana Menteri ? Jelaskan

14.  Mengapa serangan umu 1 Maret bermakna pentin bagi Indonesia ? jelaskan

15.  Tokoh-tokoh seperti Bung Tomo, Jenderal Sudirman, dan Sutan Sjahrir memiliki peran penting dalam mempertahankan kemerdekaan.
Pilih dua tokoh, lalu bandingkan kontribusi mereka dari jalur perjuangan yang berbeda. Apa pelajaran kepemimpinan yang bisa dipetik oleh generasi muda?

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini